Daftar Beasiswa Kuliah Gratis Dalam Negeri, Daftarkan Diri Anda Sekarang!

Pemudapembelajar.com - Jika Anda sedang mencari bantuan keuangan untuk kuliah gratis, ulasan berikut ini akan merangkum beberapa daftar beasiswa kuliah gratis dari dalam negeri dari berbagai lembaga baik negeri maupun swasta. Dengan ini Anda dapat melakukan eksplorasi lebih lanjut untuk mengetahui seperti apa programnya? bagaimana cara mendapatkannya? karena masing-masing lembaga memiliki aturan yang berbeda-beda. Jika ditahun sebelumnya ditutup maka tahun selanjutnya Anda bisa mencoba kembali, karena daftar beasiswa kuliah dibawah ini akan dibuka / diadakan setiap tahunnya.

beasiswa-kuliah-gratis-dalam-negri
Daftar beasiswa dalam Negri

Beberapa Daftar Beasiswa Kuliah Gratis

Ada banyak cara bagi pencari beasiswa (siswa lulusan SMA & SMK) untuk kuliah S1 maupun Diploma, sumbernyapun dari berbagai macam lembaga baik beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Walaupun jumlahnya tidak sedikit, namun tetap Anda harus berusaha untuk mencarinya. Nah pada artikel berikut adalah daftar rekomendasi beasiswa kuliah dalam negeri yang umumnya dibuka pada setiap tahunnya, silahkan cek berkala jumlah kuota, syarat serta nilai agar mendapat update terbaru.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Gratis Terbaik & Dapat Uang Saku

Daftar Isi

  1. Beasiswa Bank Indonesia
  2. Djarum Beasiswa Plus
  3. Beasiswa Karya Salemba Empat Atau KSE
  4. Beasiswa BCA Finance
  5. Quipper Scholarship Award (QSA)

1. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa kuliah ini ditujukan untuk lulusan SMA sebagai program pembinaan bidang pendidikan oleh Bank Indonesia. Programnya ini sudah dimulai sejak tahun 2011 silam, ditujukan kepada calon mahasiwa untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1, lalu di tahun 2020 terdapat perluasan bantuan di jenjang D3. Setelah itu pada tahun 2021 kembali memperluas ke jenjang D4 untuk PTN, PTS, juga Politeknik yang sudah terjalin hubungan kerja sama dengan Bank Indonesia.

Cakupan bantuan tidak hanya terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, biaya hidup serta tunjangan studi saja. Namun para penerima bantuan ini akan diwadahi oleh para komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia) hingga selanjutnya akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, serta terarah alias dimaintain serta dianjurkan untuk meningkatkan softskill dan hardskill melalui komunitas GenBI.

Terakhir, untuk mendaftar beasiswa melalu program ini rajin-rajinlah memantau informasi pada universitas tercatat di website resmi GenBI. Biasanya program ini dibuka di awal tahun & proses pengajuan hanya melalui universitas yang sudah bekerjasama dengan BI.

Website resmi GenBI: https://www.generasibaruindonesia.com/beasiswa

2. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Foundation menawarkan program Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) bagi mahasiswa yang berprestasi di Indonesia. Program Beswan Djarum tersebut akan memberikan bantuan dana sebesar Rp. 1.000.000 Juta setiap bulannya selama satu tahun dan akan memberikan berbagai kegiatan pembekalan soft skills.

Baca juga: Beasiswa Turki Tanpa TOEFL, Ada? Yuk Simak Selengkapnya

Adanya berbagai pelatihan soft skills tersebut ditujukan untuk para mahasiswa agar siap secara fisik dan mental menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Tentunya program ini diperuntukkan bagi PTN atau PTS yang sudah bermitra dengan Program Beswan Djarum tersebut. Djarum sendiri telah bermitra dengan perguruan tinggi unggulan di seluruh Provinsi di Indonesia dengan seleksi tes diadakan disetiap kota di Indonesia. Info perguruan tinggi bekerja sama dengan Djarum bisa di cek di link berikut: https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami/daftar-perguruan-tinggi-program-djarum-beasiswa-plus

Pelatihan soft skill diberikan Beswan Djarum meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure serta adanya Community Empowerment.

Halaman info registrasi resmi: https://register.djarumbeasiswaplus.org/

3. Beasiswa Karya Salemba Empat Atau KSE

Beasiswa kuliah gratis dalam negeri yang ditawarkan oleh Yayasan Salemba Empat ditujukan untuk para mahasiswa D4/S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester 2. Terdiri dari 5 program, Program Beasiswa Reguler, Program Beasiswa Unggul, Akademi Kewirausahaan, Technology for Indonesia, serta Community Development Progra.

Program reguler akan mendapat bantuan keuangan sebesar Rp.750.000,- per bulan selama 1 tahun dan dapat diperpanjang. Sedangkan untuk program beasiswa unggul akan mendapat bantuan keuangan sejumlah Rp.750.000,- /bulan sepanjang satu tahun dan bisa diperpanjang. Bantuan keuangan SPP/BOP sejumlah Rp.1.500.000,- per semester sepanjang satu tahun akademis. Disamping itu, akan mendapat bantuan biaya skripsi / tugas akhir (besaran disesuaikan kebutuhan) Prioritas dalam mengikuti program pembinaan.

Tidak berhenti hanya disitu saja, para mahasiswa yang menerima program KSE juga mendapatkan berbagai program pembinaan seperti tatap muka, Leadership Program, Seminar, Workshop dan Coaching yang tentunya kan bermanfaat dalam pengembangan diri di masa mendatang. Program tersebut hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang Universitasnya sudah bermitra oleh KSE.

Website resmi: https://kse.or.id

4. Beasiswa BCA Finance

Program ini ditawarkan oleh pihak BCA Finance Peduli bagi mahasiwa di seluruh tanah air. Pada salah satu program beasiswa kuliah gratis dalam negeri ini memiliki kelebihan yaitu terbuka bagi mahasiswa D4, S1 dari PTN & PTS di seluruh Indonesia. Jika Anda telah menjalani atau sudah menyelesaikan perkuliahan semester 2 maka Anda bisa mencoba peruntungan untuk mendapatkan beasiswa ini. 

Karena bantuan dan tunjangan beasiswa ini diberikan dalam bentuk dana pendidikan sejumlah Rp 3.500.000 (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) per semester (untuk mahasiswa aktif semester 5 sampai hingga maksimal semester 8) serta training kemampuan untuk penerima Beasiswa Semester 8 sebagai persiapan masuk ke dunia kerja.

 Informasi resmi bisa Anda pantau dilaman resminya: https://bcafinance.co.id atau follow Instagram: @mybcaf

5. Quipper Scholarship Award (QSA)

Seperti namanya, program dari Quipper Scholarship Award (QSA) diselenggarakan oleh Quipper sebagai perusahaan teknologi dengan dedikasi untuk memajukan pendidikan Indonesia. Program ini merupakan media bagi calon mahasiswa untuk saling berkompetisi memperebutkan beasiswa dari beragam universitas terkenal di Indonesia.

Jenis bantuan ditawarkan oleh QSA adalah full scholarship (beasiswa penuh) serta partial scholarship (beasiswa sebagian). Total anggaran untuk keseluruhan program sebesar miliaran rupiah yang disebarkan ke ratusan pelajar di Indonesia.

Full scholarship merupakan jaminan bebas biaya kuliah secara penuh di beberapa universitas tertentu sesuai daftar universitas kerja sama dengan quipper mulai semester satu sampai periode pembelajaran usai. Sementara partial scholarship hanya mencakup beberapa potongan biaya saja, besarannya bervariatif mulai dari 25%-75% mengikuti kebijakan masing-masing universitas.

Tahapan pelaksanaan program mulai dari Pendaftaran melalui website resmi quipper, tes Potensi Skolastik dengan jumlah 80 soal dalam waktu 105 menit atau 1 jam 45 menit, seleksi Lanjutan mengikuti wawancara, psikotes serta test lainnya, dan terakhir pengumuman seleksi bisa di lihat di website serta Letter of Acceptance (LoA) akan dikirim ke email calon mahasiswa.

Informasi resmi: https://campus.quipper.com/scholarships/

Penutup

Demikianlah informasi tentang beberapa beasiswa kuliah gratis dalam negeri untuk Anda yang saat ini sedang dalam rencana melanjutkan studi di perguruan tinggi. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa bermanfaat dalam membantu biaya kuliah Anda. Terima kasih dan selamat mencobanya.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال