Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Adalah Daftar Jurusan Di UI Yang Peminatnya Sepi

Pemudapembelajar.com - Mungkin Anda ingin melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan UI yang sepi peminat tapi peluang kerja besar jurusan alih-alih ambil jurusan favorit UI yang tentunya banyak sekali peminatnya sehingga untuk masuk akan lebih sulit. Nah keuntungan jika Anda memilih salah satu jurusan yang sepi peminatnya maka bisa dipastikan akan mudah diterima di Universitas tersebut dengan pesaing yang tidak terlalu banyak. Tapi, karena akhir-akhir ini banyak yang berpikir seperti itu, maka saat ini banyak sekali yang berkompetisi untuk mendapatkan kursi pada jurusan yang sepi peminatnya di Universitas Indonesia. Berikut adalah sejumlah jurusan di UI yang peminatnya sepi.

Mahasiswa UI via jurusan UI yang sepi peminat

Daftar Jurusan Di UI Yang Peminatnya Sepi Pada Soshum Dan Saintek

Berikut adalah beberapa jurusan di UI yang jarang diminati oleh para pendaftar setiap tahunnya, dan ada baiknya jika Anda mencoba peruntungan tersebut.

Daftar Isi

  1. Jurusan Kesehatan Lingkungan
  2. Jurusan Matematika
  3. Teknik Perkapalan
  4. Jurusan Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa
  5. Jurusan Sastra Belanda
  6. Jurusan Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa

1. Jurusan Kesehatan Lingkungan

Salah satu yang sudah terakreditasi B tersebut pada tahun 2019 dengan melalui jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati sebanyak 202 pendaftar saja. Sedangkan pada jalur masuk SBMPTN peminat S1 jurusan kesehatan lingkungan di UI hanya diminati sebanyak 202 pendaftar saja.

2. Jurusan Matematika 

Jurusan matematika, salah satu jurusan UI dengan peminat sedikit

Selanjutnya jurusan di UI yang peminatnya sepi adalah jurusan S1 Matematika, padahal jurusan tersebut sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Pada tahun 2019 pada jalur masuk SNMPTN Undangan hanya diminati pendaftar sebanyak 354 orang saja. Sedangkan pada jalur SBMPTN hanya diminati pendaftar sebanyak 268 orang saja.

3. Teknik Perkapalan

Pada jurusan ini termasuk program studi yang kurang diminati di UI. Faktanya di tahun 2019 pada jalur SNMPTN terdapat 71 peserta yang mengisi daya tampung pada 12 kursi saja.

Dana pada jalur SBMPTN terdapat 135 peserta yang berusaha untuk merebutkan 18 kursi saja. Jurusan ini merupakan bagian dari Fakultas Teknik yang sudah terakreditasi B. Padahal prospek kerja pada lulusan tersebut mencakup sangat luas apalagi dengan posisi Indonesia sebagai negara maritim.

4. Jurusan Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa

Jurusan Sastra Jawa merupakan salah satu jurusan di UI yang peminatnya sepi namun jurusan ini sudah mengantongi akreditasi A. Pada tahun 2019 di jalur SNMPTN terdapat 39 orang pendaftar dengan daya tampung 13 kursi.

Jurusan sastra jawa UI

Pada jurusan tersebut tidak hanya mengembangkan kemampuan dalam berbahasa saja, namun nantinya akan mempelajari berbagai aspek sastra budaya masyarakat yang menggunakan bahasa jawa.

5. Jurusan Sastra Belanda

Di Indonesia jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang langka dengan daya tampung yang tersedia di SNMPTN tahun 2020 memang hanya sebanyak 9 kursi saja, sementara jumlah siswa yang berminat mendaftar pada jurusan ini adalah hanya 68 orang saja.

Bahasa ini memang masih diperlukan terutama dalam menganalisis sejarah Belanda yang dikaitkan dengan Indonesia di berbagai bidang termasuk bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

6. Jurusan Ilmu Filsafat

Jurusan Filsafat UI dengan peminat sepi

Merupakan salah satu jurusan di UI yang peminatnya sepi tersebut, bagian dari bidang Soshum, yang dikenal sebagai ibu dari segala ilmu pengetahuan dan para lulusan dari jurusan ini dikenal akan memiliki nalar kritis serta logika berpikir yang baik.

Jurusan ini sudah memiliki akreditasi A untuk jenjang S1 dan S2, untuk jalur SNMPTN 2019 hanya terdapat terdapat 79 peserta yang berminat di jurusan ini, sedangkan daya tampung pada SNMPTN 2020 adalah sebanyak 15 mahasiswa saja.

Demikian ulasan mengenai beberapa jurusan di UI yang peminatnya sepi, jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba peruntungan tersebut karena akan bersaing dengan sedikit pendaftar. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda dan bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga kesuksesan selalu menyertai anda.