Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Jepang Setelah Lulus SMA, Simak Ulasannya Selengkapnya!

Pemudapembelajar.com - Merupakan keinginan setiap orang saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ketika baru lulus SMA. Terutama untuk melanjutkan studi di luar negeri, yang menjadi incaran banyak orang. Namun, jika berkuliah di luar negeri pasti membutuhkan budget lebih banyak juga Anda tidak perlu khawatir karena pada ulasan berikut ini yang membahas tentang cara mendapatkan beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA yang bisa Anda coba.

Beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA

Berikut Adalah Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Jepang Setelah Lulus SMA, Simak Penjelasannya Berikut Ini.

Kini beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang biasa disebut dengan Monbukagakusho atau MEXT kembali menawarkan beasiswa bagi Anda yang baru lulus dari SMA dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di sejumlah Universitas di Jepang.

Baca juga: Info SNMPTN 2022 sudah tersedia, Persiapkan dari sekarang

Beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA melalui MEXT

Daftar Isi

  1. Pilih Dan Tentukan Jurusan Sesuai Skill
  2. Melengkapi Beberapa Persyaratan Dan Dokumen Yang Dibutuhkan
  3. Melakukan Pendaftaran Sesuai Prosedur yang Dianjurkan

1. Pilih Dan Tentukan Jurusan Sesuai Skill Anda

Sebelum Anda berkuliah di sejumlah Universitas di Jepang, para penerima beasiswa akan belajar bahasa Jepang terlebih dahulu. Dan pelajaran lainnya bidang pilihannya masing – masing, bagi Anda memilih bidang studi IPS maka Anda akan mempelajari matematika, bahasa Inggris dan Ilmu Sosial. Sedangkan pada pilihan bidang studi IPA Anda akan mempelajari fisika, kimia, dan biologi. Jadi sekolah persiapan tersebut selama satu tahun serta jika ditambah dengan masa kuliah totalnya akan menjadi 5 tahun.

Pada Program IPS, Terdapat beberapa Prodi yang bisa Anda pilih, antara lain Hukum, Politik, Ekonomi, Administrasi, Bisnis, Sosiologi, Sejarah, Bahasa Jepang, Ilmu Sosial, Pendadogi dan lainnya. sedangkan pada program studi IPA, prodi yang ditawarkan antara lain, Kedokteran, Dokter Gigi, Agrikultur, Kesehatan Masyarakat, Sains, Elektronika, Teknik Sipil, dan lainnya.

Baca juga: Daftar Beasiswa S2 ke Jepang

2. Melengkapi Beberapa Persyaratan Dan Dokumen Yang Dibutuhkan

Selanjutkan cara untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA adalah melengkapi persyaratan dan untuk berbagai kriteria. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sudah lulus dari SMA / SMK Sederajat dan berusia Minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun.
  • Memiliki nilai murni rata – rata dari Ujian Nasional 84, tanpa nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia.
  • Jika Anda memilih bidang studi IPS dengan nilai rata – rata kurang dari 84 masih bisa tetap mendaftar namun haru memiliki sertifikat JLPT atau Japanese Language Proficiency Test minimal level 3. 

3. Melakukan Pendaftaran Sesuai Prosedur Yang Dianjurkan

Berikut adalah langkah – langkah prosedur yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran dalam beasiswa kuliah di Jepang dari Monbukagakusho:

  • Bagi Anda yang sudah memenuhi persyaratan diatas maka Anda boleh mendaftar beasiswa tersebut.
  • Anda akan dianjurkan melakukan registrasi online terlebih dahulu pada website http://register.beasiswamext.or.id/.
  • Setelah itu Anda akan mendapat notifikasi email tentang konfirmasi dan Anda bisa mencetak atau menyiman nomor ujian tersebut.
  • Pada keterangan sebelumnya akan terlihat daftar dokumen yang harus Anda lengkapi berbagai dokumen yang diperlukan tersebut. Setelah itu jadikan satu dokumen tersebut sesuai dengan urutan dan masukkan dalam map dokumntang penting.
  • Setelah itu Anda bisa mengirimkan secara langsung dokumen tersebut di Kantor Kedutaan Besar Jepang terdekat yang berpusat di Jl. M.H. Thamrin No 24 Jakarta 10350.
  • Perhatikan juga tanggal batas waktu pengiriman dokumen agar dokumen Anda segera diproses.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang College Scholarship, Begini Cara Gampang Mendapatkannya!

Kelebihan Menuntut Ilmu Di Jepang

Keuntungan dan kelebihan saat Anda mendapatkan beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA sangat banyak, mulai dari akomodasi, berbagai fasilitas, belajar ilmu dan budaya, serta keterampilan lain bisa Anda asah dalam beasiswa tersebut. Terutama Anda yang ingin dan memiliki skill dalam dunia engineering dan industri, negeri Sakura sangatlah tepat untuk menjadi pilihan Anda. Karena di Negara Jepang sudah populer sebagai negara maju dalam bidang industri, teknologi, pendidikan maupun bidang kesehatannya.

Di Negeri Sakura juga menjadi salah satu negara yang aman bagi warga asing atau pendatang, karena hukum di negara tersebut sangat berdiri dengan tegak. Jadi segala bentuk kriminalitas atau kejahatan akan sangat diperhatikan oleh pemerintahannya, mulai dari peredaran senjata tajam, obat – obatan terlarang hingga perredarannya pun juga diperhatikan. Maka jika Anda tinggal disana cukup aman untuk Anda sebagai warga asing.

Itulah ulasan beberapa cara mendapatkan beasiswa ke Jepang setelah lulus SMA yang bisa Anda coba untuk mendapatkan peruntungan tersebut. Jangan patah semangat dalam mengejar beasiswa dan pastikan Anda selalu optimis dalam mengejar impian. Terima kasih dan selamat mencoba. Salam sukses.