Beasiswa S1 Jepang College Scholarship, Begini Cara Gampang Mendapatkannya!

Pemudapembelajar.com - Bagi Anda pemburu beasiswa perguruan tinggi di Jepang pada jenjang S1, berikut adalah beberapa rekomendasinya untuk Anda yang bisa Anda coba. Simak penjelasan lengkapnya tentang beasiswa S1 Jepang College Scholarship yang diselenggarakan oleh kementrian di Jepang dan perusahaan Mitsui & Co. Ltd. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

beasiswa-s1-jepang-college-scholarship
Beasiswa S1 ke Jepang

Baca juga: Info SNMPTN 2022 sudah tersedia, Persiapkan dari sekarang

Daftar Beasiswa S1 Jepang College Scholarship Yang Wajib Anda Coba, Inilah Ulasannya Untuk Anda

Daftar Isi

  1. Mitsui Bussan Scholarship
  2. Monbukagakusho Atau MEXT Scholarship

1. Beasiswa S1 Jepang College Scholarship Dari Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa yang ditawarkan oleh perusahaan Mitsui – Bussan Scholarship Program For Indonesia ini ditujukan kepada para pelajar lulusan SMA di Indonesia yang ingin melanjutkan studi S1 nya di Jepang. Pada beasiswa tersebut yang didanai oleh Mitsui & Co. Ltd yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud RI, yang ditawarkan secara rutin setiap tahunnya serta bersifat penuh. Jadi Anda bisa lebih leluasa menjalankan masa studi selama di Jepang.

Salah satu jenis Beasiswa S1 Jepang College Scholarship tersebut sangat cocok untuk Anda yang ingin dan tertarik dengan kebudayaan Jepang, karena pada beasiswa tersebut memiliki tujuan yang ingin mengenalkan para siswa dapat mempelajari budaya dan tradisi di Negeri Sakura tersebut. Serta diharapkan kepada para penerima beasiswa tersebut dapat memberikan kontribusi kepada pembangunan di Indonesia setelah selesai kuliah di Jepang.

Rincian Tunjangan Beasiswa S1 Jepang College Scholarship dari Mitsui – Bussan dalam jangka waktu 5,5 tahun meliputi rincian sebagai berikut:

  • Selama 1,5 tahun akan melaksanakan kursus bahasa Jepang 1,5 tahun atau 18 bulan yang dilaksankan pada Tokyo Japanese Language Education Center of Independent Administrasive Instutition, Japan Student Services Organization, Tokyo, Jepang.
  • Studi S1 di Universitas yang terdapat di Jepang selama 4 tahun atau 48 bulan.
  • Mendapat Tunjangan Biaya hidup senilai 145,000 yen atau 19,6 juta setiap bulan. 

Baca juga: Kuliah S1 Jepang Dengan Beasiswa Mitsui Bussan

2. Beasiswa S1 Jepang College Scholarship Dari Monbukagakusho Atau MEXT

Program Beasiswa S1 Gakubu ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pegetahuan dan Teknologi Jepang atau yang biasa disebut Monbukagakusho atau MEXT bagi lulusan SMA/ SMK/ MA Sederajat dengan beasiswa penuh. Sebelumnya Anda harus mengetahui informasi tentang persyaratan dan pendaftaran untuk program S1 di Jepang, bahwa sebelum memulai masa perkuliahan di Universitas, terlebih dahulu Anda harus mengikuti Sekolah Persiapan selama 1 tahun di Jepang.

Pada Beasiswa S1 Jepang College Scholarship dari Monkubukagakusho untuk sekolah persiapan tersebut akan mempelajari Bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris dan ilmu Sosial bagi yang memilih bidang studi IPS dan Fisika, Kimia, Biologi bagi yang memilih bidang studi IPA. Jadi total masa studi Anda adalah 5 tahun, dengan rincian 1 tahun sekolah untuk persiapan dan 4 tahun untuk jenjang S1, namun jika Anda memilih prodi Kedokteran total studi akan lebih lama selama 7 tahun.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Jepang Setelah Lulus SMA dari MEXT

Rincian Tunjangan Beasiswa S1 Jepang College Scholarship dari MEXT atau Monkubukagakusho dalam jangka waktu 5 tahun meliputi rincian sebagai berikut:

  • Mendapat Tunjangan Biaya perkuliahan termasuk biaya sekolah persiapan.
  • Mendapat tunjangan hidup kurang lebih 117.000 Yen setiap bulannya.
  • Mendapatkan tiket pesawat PP Indonesia – Jepang dan bebas biaya pengurusan Visa.
  • Mendapatkan biaya pendaftaran dan biaya seleksi. 

Penutup

Demikian informasi tentang Beasiswa S1 Jepang College Scholarship yang bisa Anda ikuti dan Anda coba untuk menambah wawasan ilmu dan pengalaman di luar negeri. semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda, terima kasih dan selamat membaca. Semoga Anda berhasil mencoba.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال