Apa Saja Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja Di Bandara Nantinya? Yuk Simak Selengkapnya

Pemudapembelajar.com - Melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai ulasan macam-macam jurusan penerbangan yang cocok untuk wanita, kali ini kami akan membahas secara lebih umum tentang nama jurusan kuliah apa saja yang bisa bekerja di bandara. Seperti yang diketahui dan dirasakan, dewasa ini penerbangan pesawat semakin ramai dan transportasi udara sudah menjadi pilhan utama jika Anda ingin bepergian jauh lintas pulau dan benua, lihat saja Indonesia yang lagi senang membuka bandara baru, bisa dipastikan butuh banyak tenaga ahli dan posisi yang perlu diserap.

Dengan kondisi tersebut, kebutuhan lowongan pekerjaan di bandara pun semakin meningkat, profesi penerbangan tidak hanya membutuhkan seorang pilot, co-pilot, dan pramugari saja, ada banyak profesi operasional, taktikal dan kantoran yang harus diisi, baik tenaga ahli penerbangan, hingga keahlian umum demi menunjang kelancaran dalam dunia penerbangan. #infopmdpbj

Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja Di Bandara
Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja Di Bandara

Cakupan latar belakang pendidikan yang dibutuhkan dalam operasional bandara amat beragam, lalu mengapa tidak untuk mempertimbangkan mengambil kejuruan tingkat menengah bagi Anda yang baru lulus SMP dan jurusan universitas yang memiliki program studi penerbangan bagi yang sudah menyelesaikan sekolah menengah.

Apalagi di Indonesia saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang bisa menghasilkan tenaga-tenaga pekerja yang pantas dan cakap dalam mengelola transportasi udara. Mau tahu jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara? Simak terus. #infojurusanpmd

Beberapa Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja Di Bandara

Sebelum ke inti pembahasan, berbicara tentang transportasi udara dengan pesawat terbang, adalah proses mengangkut orang / barang dari satu tempat ke tempat lain melalui jalur udara. Tingginya resiko pada moda transportasi udara ini menjadikan profesi penerbangan memiliki gengsi kewibawaan yang besar, karena dibekali keahlian khusus agar dapat meminimalisir resiko dan untuk menjamin keselamatan penumpang pada penerbangan pesawat.

Yuk baca juga: Tingkat Pengangguran di Indonesia periode Tahun 2021

jadwal penerbangan pesawat
Ilustrasi jadwal penerbangan pesawat

Berikut adalah daftar jurusan kuliah yang mempelajari ilmu penerbangan yang bisa Anda ambil jika ingin bekerja di bandara atau ingin menekuni profesi penerbangan. Berikut informasi selengkapnya.

Daftar Isi

  1. Pendidikan Pilot (Penerbangan)
  2. Jurusan Manajemen Penerbangan
  3. Jurusan Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika)
  4. Teknik Pesawat Udara (TPU)
  5. Keselamatan Penerbangan

1. Pendidikan Pilot (Penerbangan)

Tidak akan ada pesawat yang bisa terbang tanpa kehadiran pilot, karena pilot adalah seseorang yang menjalankan serta mengemudikan pesawat saat terbang. Profesi ini cukup populer dan dibutuhkan disetiap maskapai penerbangan baik lokal maupun internasional seperti pesawat garuda indonesia, lion air, citilink dan lain-lain.

Kuliah jurusan pilot (penerbangan)
Kuliah jurusan pilot (penerbangan)

Pada program studi penerbangan ini, menerima lulusan dari SMA (IPA), ataupun SMK dengan seleksi ketat yang harus Anda jalani untuk masuk. Diantaranya adalah TPA, tes kesamaptaan atau kesiapan fisik, tes psikologi, tes ketahanan fisik, tes kesehatan organ dalam, tes bakat, wawancara serta administrasi. #infopmdpembelajar

Salah satu prodi jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara ini akan melatih peserta didik menjadi pilot dengan kualifikasi Commercial Pilot Licence (CPL), Multi Engine (ME), dan Instrument Rating (IR). Serta terdapat 3 prodi yang bisa Anda ambil untuk menjadi pilot antara lain, Prodi Penerbangan Sayap Tetap, Prodi Penerbangan Sayap Putar, Prodi Flight Operation Officer (FOO) atau Operasi Pesawat Udara.

2. Jurusan Manajemen Penerbangan

Pogram studi manajemen penerbangan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan operasional bandara seperti urusan asuransi, proses pemesanan tiket,  cargo service, ground service, dan semua yang berkaitan dengan bandara, termasuk fasilitas, alur boarding dan keamanan bandara.

Jurusan kuliah manajemen penerbangan
Jurusan kuliah manajemen penerbangan

Beberapa perusahaan membuka banyak posisi untuk lulusan manajemen penerbangan seperti AirNav Indonesia, Angkasa Pura I dan II, Asuransi Penerbangan, tambang minyak lepas pantai, dll. Bagaimana lumayan menjanjikan bukan? Prodi inipun menerima berbagai lulusan seperti SMA/SMK sederajat baik IPA,IPS, teknik maupun tahasa.

Pada salah satu jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara ini Anda dapat mengambil pilihan prodi diantaranya, Prodi Studi Operasi Bandar Udara, Prodi Administrasi Perhubungan Udara, Prodi Manajemen Transportasi Udara atau MTU.

3. Jurusan Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika)

Jika Anda suka otak – atik berbagai peralatan elektronik dirumah maka salah satu jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara ini bisa Anda pilih, karena pada profesi tersebut merupakan bagian vital dari sistem penerbangan yang tidak kalah penting dari awak pesawat.

Setelah lulus dari jurusan tersebut Anda akan diambil oleh perusahaan AirNav Indonesia, dan perusahan AP I dan II. Jika di AirNav akan bekerja di Ground atau stay di daratan, serta selalu siaga untuk merawat peralatan navigasi di bandara, seperti RADAR, VOR, ILS, NDB, AMSC, VSAT, dan alat komunikasi radio. #infopemudapbj

Sedangkan jika di Angkasa Pura I dan II akan bekerja untuk melakukan perawatan, perbaikan, dan maintenance peralatan elektronika bandara, seperti X-RAY, CCTV, FIDS, WTMD, Master Television, dan Master Clock. Dan Anda bisa memilih salah satu prodi antara lain, Teknik Pesawat Udara, Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU), Teknik Kelistrikan Bandara, Teknik Mekanikal Bandara, Teknik Bangunan Landasan.

4. Teknik Pesawat Udara (TPU)

Jurusan kuliah teknik penerbangan mekanikal pesawat
Jurusan kuliah teknik penerbangan mekanikal pesawat

Teknik Pesawat Udara, atau bisa disebut juga mekanik / teknisi pesawat memiliki tanggung jawab dalam memastikan komponen pesawat berfungsi dengan baik dan benar. Jika Anda ingin menjadi seorang Teknisi Pesawat, salah satu jurusan ini bisa Anda pilih, karena jurusan ini bisa menerima lulusan SMA (IPA) atau SMK sederajat.

Selain memperbaiki dan memelihara komponen penerbangan pesawat secara berkala, para Teknisi Pesawat akan bekerja di daratan seperti di hanggar pesawat, standby di apron bandara, dan biasanya juga ikut terbang sebagai Engineer Pesawat. Sertifikasi yang dibutuhkan salah satunya adalah sertifikat Airframe & Powerplant Mechanics dari Administrasi Penerbangan Federal.

5. Keselamatan Penerbangan

Jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selanjutnya adalah jurusan Keselamatan Penerbangan. Bagi Anda siswa lulusan SMA/SMK sederajat yang berminat masuk jurusan ini, Anda harus bisa berbahasa ingris dengan aktif, karena memiliki peluang ketrima yang lebih besar.

Jurusan keselamatan penerbangan
Jurusan keselamatan penerbangan

Ada 4 program fokus studi yaitu, Prodi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan, Prodi Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controller), Prodi Komunikasi Penerbangan, dan Prodi Penerbangan Aeronautika. Propek menjadi ahli pada profesi ini cukup besar, mengingat maraknya kejadian kecelakaan pesawat sehingga area penelitian dan studi kasus untuk jurusan ini semakin menjanjikan dan memiliki masa depan yang cerah.

Penutup

Bandara adalah tempat mengatur lalu lintas jalur udara, pesawat terbang, penumpang dan barang. Kehadiran badara memberikan dampak positif bagi kelancaran distribusi, meningkatkan pariwisata dan menyerap banyak lapangan pekerjaan. Ambil contoh bandara ngurah rai sebagai bandara internasional, dengan adanya bandara internasional di bali, pariwisata bali menjadi pariwisata favorit umat sedunia. Anggap saja dengan mengambil jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara sebagai investasi leher keatas (pengetahuan) yang memiliki masa depan dan prospek kerja yang cerah. #infobeasiswapmd

Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan Anda tentang dunia penerbangan. Terima kasih atas waktu yang digunakan untuk membacanya.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

2 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال