Jurusan Penerbangan Apa yang Cocok Untuk Wanita?

Pemudapembelajar.com - Jurusan di sekolah penerbangan cukup beragam, bukan hanya pramugari dan pilot saja. Ulasan umum mengenai apa saja jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara nantinya? bisa klik link tersebut. Nah bagi Anda seorang wanita yang tertarik untuk masuk ke sekolah penerbangan, kira-kira apakah jurusan yang cocok?

Kali ini kita akan membahas beberapa jurusan yang cocok untuk wanita di sekolah penerbangan. Agar Anda tidak bingung saat mengisi formulir pendaftaran. Yuk simak penjelasan singkat tentang beberapa jurusan tersebut di bawah ini!

Jurusan Penerbangan Wanita
Visualisasi Jurusan Penerbangan Wanita

Jurusan Penerbangan yang Cocok Untuk Wanita

Yuk baca juga: Tingkat Pengangguran di Indonesia periode Tahun 2021

Daftar Isi

  1. Penerbang
  2. Pemandu Lalu Lintas Udara
  3. Teknik Listrik Bandara
  4. Komunikasi Penerbangan
  5. Operasi Bandar Udara
  6. Teknik Mekanikal Bandar Udara

1. Penerbang

Jurusan penerbang nantinya akan berprofesi sebagai pilot. Profesi pilot tidak hanya untuk pria saja, saat ini juga sudah banyak pilot wanita. Ada dua buah sekolah jurusan pilot yang berada dibawah naungan dari BPSDM Kementerian Perhubungan. Sekolah tersebut adalah Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi dan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug di Tangerang.

Kuliah jurusan pilot (penerbangan)
Kuliah jurusan pilot (penerbangan)

Jurusan penerbang di sekolah pilot negeri menerima siswa dari lulusan SMA IPA. Sedangkan untuk sekolah pilot swasta, meskipun Anda bukan lulusan SMA IPA tetap bisa masuk asalkan lolos seluruh tes seleksi.

2. Pemandu Lalu Lintas Udara

Jurusan penerbangan selanjutnya yang cocok untuk wanita adalah Pemandu Lalu Lintas Udara. Namun, Anda harus menguasai bahasa Inggris, karena lulusan dari jurusan ini nantinya akan berprofesi sebagai pemandu perjalanan pesawat.

Program studi ini menerima siswa lulusan dari SMA IPA. Beberapa Politeknik yang menawarkan jurusan ini seperti PPI Curug, Poltekbang Makassar, Poltekbang jayapura, Poltekbang Surabaya, dan Poltekbang Medan.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Jurusan Psikologi Di PTN Terakreditasi A?

3. Teknik Listrik Bandara

Bagi Anda yang tertarik dengan segala hal tentang listrik, bisa memilih jurusan Teknik Listrik Bandara pada sekolah penerbangan. Karena lulusan dari jurusan ini nantinya akan menangani semua masalah yang berhubungan dengan kelistrikan bandara. Mulai dari sumber listrik semua peralatan di bandara, genset, dan kondisi Approach Light.

Jurusan teknik listrik bandar udara
Jurusan teknik listrik bandar udara

Program studi ini hanya menerima siswa lulusan dari SMA dan yang sederajat khusus jurusan Teknik atau IPA. Sebagai alumni jurusan Teknik Listrik Bandara, Anda memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan Angkasa Pura atau AirNav Indonesia.

4. Komunikasi Penerbangan

Jurusan penerbangan berikutnya yang cocok untuk wanita, yaitu Komunikasi Penerbangan. Alumni dari jurusan ini akan bisa bekerja di perusahaan AirNav Indonesia sebagai personel Pemandu Komunikasi Penerbangan.

Program studi ini hanya menerima siswa lulusan dari SLTA IPA. Politeknik penerbangan yang menawarkan program studi Komunikasi Penerbangan hanya ada di Poltekbang Surabaya. Jika Anda tertarik, bisa mendaftar langsung ke Politeknik tersebut.

5. Operasi Bandar Udara

Jurusan kuliah manajemen penerbangan
Jurusan kuliah manajemen penerbangan

Jurusan ini cocok untuk Anda yang ingin fokus terhadap seluruh aktivitas operasional yang ada di bandara. Karena nantinya setelah lulus, Anda akan bekerja sebagai personel AMC di UPBU atau Perusahaan Angkasa Pura.

Jurusan ini menerima siswa SMA jurusan IPS atau IPA. Politeknik di Indonesia yang menyediakan jurusan ini hanya di PPI Curug Tangerang.

Silahkan baca juga: Daftar Universitas Untuk SNMPTN, Segera cek prosentase keketatannya

6. Teknik Mekanikal Bandar Udara

Jurusan kuliah teknik penerbangan mekanikal pesawat
Jurusan kuliah teknik penerbangan mekanikal pesawat

Teknik Mekanikan Bandar Udara merupakan jurusan penerbangan terakhir yang cocok untuk wanita pada artikel ini. Program studi ini akan menjadikan taruna mempunyai keahlian pada berbagai bidang mekanikal yang ada di bandar udara.

Jurusan ini berfokus untuk mendidik taruna agar lebih mengetahui tentang suatu Teknologi Mekanik yang ada di Bandar Udara. Contoh teknologi tersebut seperti AC System, Alat-alat Besar, Traction Equipment, dan Water and Pump System. Prodi ini menerima siswa lulusan SMK Teknik atau SMA IPA.

Penutup

Seperti itulah 6 rekomendasi jurusan penerbangan yang cocok untuk wanita. Semoga bisa membantu Anda untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال