Beasiswa S1 Chulalongkorn University Yang Patut Anda Coba

Kembali lagi membahas negara Thailand. Jika pembahasan pada artikel sebelumnya seputar jurusan, biaya dan syarat pendaftaran menjadi mahasiswa Universitas Chulalongkorn melalui jalur reguler atau biaya mandiri, nah pada artikel kali ini akan dibahas daftar Beasiswa S1 Chulalongkorn University yang mungkin bisa Anda coba.

Menarik memang membahas negara gajah dan universitas tertuanya. Sedikit fakta Chulalongkorn University Thailand, sering mendapatkan award baik national / international, merupakan universitas terbaik thailand menurut QS World University selama 8 tahun berturut-turut, dan Universitas Chulalongkorn sudah berumur lebih dari 100 tahun (tepatnya 105 tahun di tahun 2022 ini).

Beasiswa S1 Chulalongkorn University
Beasiswa S1 Chulalongkorn University

Menurut riset kami jalur beasiswa Universitas Chulalongkorn untuk mahasiswa internasional terdiri dari beasiswa program sarjana (S1), magister (Beasiswa S2 Chulalongkorn University) dan Doktoral (S3) yaitu C2F scholarship, Scholarship for ASEAN or Non-ASEAN Countries, 100th Anniversary Chulalongkorn University for Doctoral Scholarship dan terakhir H.M. the King Bhumibol Adulyadej’s 72nd Birthday Anniversary Scholarship. Artikel kali ini hanya membahas Beasiswa S1 Chulalongkorn University.

Daftar Beasiswa S1 Chulalongkorn University

Universitas Chulalongkorn merupakan salah satu universitas favorit mahasiswa Indonesia di Thailand. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa dari Indonesia yang ada di sana dan tentu saja mahasiswa dari Indonesia ini membentuk komunitas sebagai wadah silaturahmi selama kuliah di Chulalongkorn University. Nah berdasarkan data yang didapat, jumlah mahasiswa Indonesia yang aktif di Universitas Chulalongkorn selalu mencapai lebih dari 100 orang. Menarik bukan? seperti apa detail Beasiswa S1 Chulalongkorn University? simak sampai habis ya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Indonesia

Daftar Isi

  1. Program Beasiswa 1 Semester
  2. Program Beasiswa S1 (Fakultas)
  3. Jurusan yang membuka Beasiswa

Perlu diketahui sebelumnya, jumlah beasiswa S1 yang ada di Chula tidak sebanyak beasiswa beasiswa S2 dan S3-nya, namun jalur beasiswa Chulalongkorn ini tersebar untuk masing-masing fakultas, dan setiap fakultas memiliki aturan dan cakupan yang berbeda-beda.

1. Program Beasiswa 1 Semester (One Semester Scholarship Program)

Skema beasiswa kuliah di Chulalongkorn University ini berada dibawah pengawasan dan kendali Academic Affairs Chulalongkorn University (AACU) yang diberikan kepada mahasiswa internasional dari negara ASEAN dan non ASEAN. Beasiswa ini dibuka 2 kali dalam 1 tahun. Biasanya untuk semester ganjil, skema beasiswa ini dibuka sekitar bulan April - Mei. Lalu untuk semester genap, pendaftaran beasiswa 1 semester ini dibuka pada bulan September - November.

Sebetulnya beasiswa 1 semester ini tidak terbatas untuk jenjang S1 saja, namun terbuka juga untuk jenjang S2 dan S3 yang berminat untuk melakukan kuliah atau riset selama 4 bulan saja. Menariknnya, program ini merupakan program beasiswa S1 Thailand tanpa toefl, sehingga nilai TOEFL atau IELTS tidak dibutuhkan sebagai syarat masuknya, tapi diharapkan Anda sudah menguasai Bahasa Inggris baik verbal dan juga tulisan.

Beasiswa S1 Chulalongkorn University tipe ini akan mengcover semua biaya seperti biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya akomodasi, ya walaupun hanya 4 bulan saja. Penjelasan lebih rinci dari syarat beasiswa chulalongkorn university ada dibawah ini.

Note: beasiswa ini diambil dari referensi tahun 2020, karena pada saat ini jenis beasiswa ini tidak dibuka untuk S1.

Ketentuan Beasiswa:

Universitas asal harus mengizinkan mahasiswanya untuk menghabiskan satu semester penuh dalam program ini, tetapi tidak lebih dari 4 bulan, di Universitas Chulalongkorn.

Cakupan Beasiswa:

  1. Gratis tiket pesawat kelas ekonomi pulang - pergi (reimburse)
    • Siswa negara ASEAN, harga tiket pesawat untuk setiap perjalanan tidak boleh melebihi ฿ 8.500
    • Siswa Asia, tiket pesawat untuk setiap perjalanan tidak boleh melebihi ฿ 12.000
    • Siswa Eropa, Australia dan Selandia Baru serta Afrika, tiket pesawat untuk setiap perjalanan tidak boleh melebihi ฿ 20.000
    • Siswa Amerika, tiket pesawat untuk setiap perjalanan tidak boleh melebihi ฿ 30.000
  2. Biaya kuliah (Spesial Fee yang dibebankan oleh Fakultas atau Program pilihan mahasiswa tidak termasuk dalam cakupan beasiswa ini)
  3. Biaya bulanan dan akomodasi sebesar ฿ 16.000

Persyaratan Beasiswa:

  1. Merupakan mahasiswa yang sedang belajar untuk gelar Sarjana, atau mahasiswa pascasarjana dalam program gelar Master / Doktor, anggota fakultas, peneliti atau staf akademik.
  2. Setelah diberikan beasiswa, pelamar harus mendaftar, di Universitas Chulalongkorn, untuk 12 sks untuk S1 dan 6 sks untuk S2 / S3.
  3. Mata pelajaran yang diikuti pelamar harus sesuai dengan Jurusan yang sedang ditempuh.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang semua program yang ditawarkan oleh Universitas Chulalongkorn, silakan kunjungi http://www.academic.chula.ac.th/search/search.asp.
    Untuk semua program internasional, silakan kunjungi https://www.chula.ac.th/en/academics/programs/international-programs/
  4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik.
  5. Dalam keadaan sehat dan tidak sedang mengidap penyakit.

Dokumen yang harus disiapkan:

  1. Formulir aplikasi lengkap dengan foto terlampir
  2. Surat rekomendasi dari institusi pendidikan asal
  3. Transkrip nilai(dikeluarkan oleh institusi pendidikan asal)
  4. Passport

Sumber referensi Beasiswa S1 Chulalongkorn University program one semester bisa anda lihat pada link berikut: http://www.academic.chula.ac.th/newoaa/documents/DAG/scholarship/ASEAN2020/Onesemester_scholarshipprogram_only%202ndsemester_Academicyear2020.pdf

2. Program Beasiswa S1 (Dibuka oleh setiap fakultas)

Beasiswa chulalongkorn university S1 ini biasanya dibuka oleh setiap fakultas atau program belajar yang ada di Chula, dan jika dilihat pada link berikut https://www.chula.ac.th/en/academics/admissions/scholarships/, hanya inilah beasiswa S1 Chula yang dibuka saat ini (06/2022). Sama seperti beasiswa one semester diatas, Anda akan dibiayai secara penuh dari biaya kuliah, biaya hidup di Thailand, dan biaya akomodasi (kecuali biaya spesial dari tiap fakultas). Jangka waktu beasiswa ini adalah 4 tahun, jadi beasiswa fakultas ini lebih lama dari pada beasiswa one semester yang hanya 4 bulan.

Masih dengan sumber referensi di tahun 2020, details dari beasiswa S1 Universitas Chulalongkorn sebagai berikut:

Ketentuan Beasiswa:

  1. Periode beasiswa tidak dapat diperpanjang.
  2. Penerima beasiswa tidak diperkenankan menunda jangka waktu penerimaan beasiswa setelah beasiswa diberikan oleh Universitas.

Persyaratan Beasiswa:

  1. Memenuhi persyaratan Program Internasional pilihan mereka (fakultas / program studi).
  2. Dalam keadaan sehat.
  3. Bukan warga negara Thailand dan juga tidak memiliki kewarganegaraan ganda, salah satunya adalah Thailand.

Dokumen yang harus disiapkan:

  1. Formulir aplikasi yang lengkap dengan foto terlampir.
  2. Daftar riwayat hidup (CV).
  3. Transkrip nilai dari sekolah sebelumnya
  4. Passport
  5. Surat sehat secara medis yang mengkonfirmasikan pemeriksaan fisik di rumah sakit.

Sumber referensi Beasiswa S1 Chulalongkorn University: http://www.academic.chula.ac.th/newoaa/documents/DAG/scholarship/ASEAN2020/Undergraduate%20_scholarshipprogram_Academicyear2020.pdf

Daftar Jurusan Beasiswa S1 Chulalongkorn University

Inilah jurusan yang buka beasiswa S1 Chulalongkorn University, dilampirkan juga link terkait informasi beasiswanya, selanjutnya silahkan Anda gali lebih dalam jika memang Anda serius dan berminat untuk mendapatkan beasiswa S1 Thailand di Universitas Chulalongkorn

Baca juga: Jurusan di Chulalongkorn University

FakultasJurusanAda Beasiswa S1?Link
ArchitectureArchitectural Design (INDA)Yeshttp://www.imarch.arch.chula.ac.th/scholarships/
 Communication Design (CommDe)Yes 
ArtsLanguage and Culture (BALAC)- 
Commerce & AccountancyBusiness Administration (BBA)Yeshttps://bba.acc.chula.ac.th/index.php/2014-06-27-06-06-17/scholarships-for-international-students
Communication ArtsCommunication Management (BCM)Yeshttp://www.inter.commarts.chula.ac.th/page/asean-scholarship/
EconomicsEconomics (EBA)Yeshttp://www.eba.econ.chula.ac.th/study/scholarships
EngineeringAerospce Engineering (AERO)Yeshttp://www.ise.eng.chula.ac.th/current-students/scholarship
 Automotive Design and Manufacturing Engineering (ADME)Yes 
 Information and Communication Engineering (ICE)Yes 
 Nano Engineering (NANO)Yes 
 Robotics and Artificial Intelligence Engineering (Robotics AI)Yes 
 Chemical and Process Engineering (ChPE)Yes 
Faculty of MedicineChulalongkorn International Medical program (CU-MEDi)Yeshttps://cu-medi.md.chula.ac.th/faqs/#E
Political SciencePolitics and Global Studies (PGS)- 
PsychologyPsychological Science (JIPP)Yeshttp://www.jipp.psy.chula.ac.th/tuition-fee/
ScienceApplied Chemistry (BSAC)Yeshttps://bsac.chemcu.org/prospective-students/
ScienceBiotechnology (BBTech)Yeshttp://www.bbtech.sc.chula.ac.th/?page_id=85
Integrated InnovationArts and Science in Integrated Innovation (BAScii)Yeshttps://scii.chula.ac.th/blog/scholarships-unveiled-for-international-and-thai-students/

Sumber refensi: https://www.chula.ac.th/en/academics/admissions/scholarships/

Penutup

Terima kasih telah membaca Beasiswa S1 Chulalongkorn University hingga selesai, semoga menjadi guide line bagi Anda yang berminat melanjutkan kuliah dengan beasiswa ke negara Thailan. Diingatkan sekali lagi untuk selalu menggali lebih dalam agar Anda mendapatkan informasi yang up-to-date. Sampai berjumpa kembali diartikel yang membahas Universitas Chulalongkorn.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال