Inilah Beberapa Mata Kuliah Jurusan Bisnis Yang Perlu Diketahui

Pemudapembelajar.com - Ketika mengambil kuliah di jurusan bisnis, tentu Anda akan memiliki sejumlah mata kuliah jurusan bisnis yang sangat penting untuk menunjang kinerja dan juga kemampuan yang akan didapatkan ketika Anda lulus kuliah dari jurusan tersebut. Mata kuliah yang diajarkan tersebut tentunya sudah disesuaikan dengan target kompetensi lulusan yang akan didapatkan.

Beberapa mata kuliah jurusan Bisnis
Beberapa mata kuliah jurusan Bisnis

Sebelum ke inti utama pembahasan kali ini, terdapat Jurusan Bisnis Internasional yang berkonsentrasi mempelajari tentang tantangan-tantangan yang dihadapi oleh segala aspek bisnis di pasar internasional seperti etika dan hukum bisnis dalam skala internasional, yang mana pastinya berbeda dengan etika dan hukum bisnis dalam negeri. Prospek Jurusan Bisnis Internasional yang bagus juga menjadikan jurusan ini favorit. Tertarik menguliknya lebih dalam, silahkan klik link tersebut.

Baca juga: Beasiswa S1 Jepang College Scholarship, Begini Cara Gampang Mendapatkannya!

Beberapa Mata Kuliah Jurusan Bisnis Yang Perlu Diketahui

Kalau Anda tertarik untuk menekuni perkuliahan di dunia bisnis, berikut ini adalah beberapa jenis mata kuliah yang kemungkinan akan bisa Anda dapatkan ketika kuliah di jurusan tersebut.

Daftar Isi

  1. Pengantar Ekonomi
  2. Matematika Bisnis
  3. Statistika Deskriptif
  4. Komunikasi Bisnis

1. Mata Kuliah Jurusan Bisnis Berupa Pengantar Ekonomi

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dunia bisnis tidaklah bisa dipisahkan dari yang namanya ekonomi. Maka dari itu, sangat penting bagi para calon sarjana bisnis untuk mengetahui berbagai macam hal terkait dengan ilmu dan juga dunia ekonomi yang terjadi di pasaran.

Mata kuliah pengantar Ekonomi
Mata kuliah pengantar Ekonomi

Guna menunjang kemampuan tersebut, maka salah satu mata kuliah jurusan bisnis yang kerap dijadikan mata kuliah wajib adalah Pengantar Ekonomi. Lewat mata kuliah ini, para mahasiswa akan diajarkan mengenai dasar-dasar dan juga ilmu terkait dengan permasalahan ekonomi dasar yang diperlukan untuk memahami permasalahan-permasalahan ekonomi lanjutan.

2. Matematika Bisnis

Mata kuliah berikutnya yang juga kerap diselenggarakan di jurusan bisnis adalah Matematika Bisnis. Meskipun bukan termasuk ke dalam jurusan kluster eksaksta, namun jurusan Ekonomi dan Bisnis tetap membutuhkan kehadiran matematika untuk digunakan sebagai sarana melakukan analisis bisnis.

Mata kuliah matematika Bisnis
Mata kuliah matematika Bisnis

Secara sederhana, matematika bisnis dapat dipahami sebagai sebuah mata kuliah matematika terapan yang digunakan dalam bidang ekonomi dan juga bisnis. Dengan demikian, biasanya materi-materi yang disampaikan pada perkuliahan juga merupakan matematika dasar dengan implementasi atau penerapan dalam bidang bisnis.

Silahkan baca juga: 5 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

3. Statistika Deskriptif

Mata kuliah lainnya yang juga cukup sering ditemukan dalam jurusan bisnis adalah Statistika Deskriptif. Secara sederhana, Statistika Deskriptif adalah suatu statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberikan penggambaran terhadap objek yang dikaji dengan melalui data sampel.

Mata kuliah statistika Deskriptif
Mata kuliah statistika Deskriptif

Mengapa Statistik Deskriptif juga diperlukan dalam dunia bisnis? Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dalam dunia bisnis juga dibutuhkan analisis-analisis untuk melakukan berbagai tindakan yang terkait dengan bisnis dan ekonomi. Dan salah satu tools yang dibutuhkan adalah ilmu Statistika untuk mengolah dan memahami data.

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau di jurusan bisnis juga akan diajarkan mengenai Statistika meskipun hanya menggunakan Statistika Deskriptif. Mata kuliah jurusan bisnis yang satu ini sangat penting karena bisa membantu Anda melakukan analisis secara lebih baik dalam dunia bisnis dan ekonomi.

4. Komunikasi Bisnis

Mata kuliah komunikasi Bisnis
Mata kuliah komunikasi Bisnis

Mata kuliah berikutnya yang juga tidak kalah penting dalam jurusan Bisnis adalah Komunikasi Bisnis. Mata kuliah ini pada umumnya membahas mengenai konsep-konsep dasar dalam komunikasi bisnis, fungsi komunikasi internal dan eksternal dalam komunikasi bisnis, dan berbagai hal lainnya yang memiliki keterkaitan dengan komunikasi bisnis.

Baca juga: Beasiswa Untuk Jurusan Teknik Eropa Untuk Melanjutkan Studi Anda

Mata kuliah ini diberikan kepada para mahasiswa jurusan bisnis dengan maksud untuk bisa memberikan pengetahuan dan sekaligus juga keterampilan terkait dengan bagaimana melakukan proses komunikasi dalam dunia bisnis.

Penutup

Demikianlah beberapa daftar mata kuliah jurusan bisnis yang penting untuk diketahui. Kini berbekal dengan beberapa ulasan di atas, Anda bisa lebih mengenal tentang jurusan bisnis dan juga mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan tersebut. Perlu dicatat bahwa tiap-tiap kampus atau lembaga pendidikan bisa memiliki daftar mata kuliah yang berbeda.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال