Wajib Tahu! 5 Pilihan Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia 2021

Pemudapembelajar.com - Kuliah jurusan psikologi banyak menjadi impian dan cita-cita para anak lulusan SMA. Dengan banyak universitas yang memiliki biaya kuliah jurusan psikologi murah, jurusan psikologi juga cenderung ramah bagi anak IPA maupun IPS. Bidang yang dipelajarinya pun sangat luas dan syarat masuk jurusan psikologi cukup mudah. Jenis-jenis spesialisasi jurusan psikologi juga banyak, nah simak artikel ini biar tahu universitas terbaik jurusan psikologi di Indonesia.

Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia
Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

5 Universitas Jurusan Psikologi

Daftar Isi

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Padjadjaran
  4. Universitas Airlangga
  5. Universitas Diponegoro

1. Universitas Indonesia

Universitas yang memeiliki jurusan Psikologi terbaik pertama dari Universitas Indonesia, jurusan tersebut sudah ada sejak tahun 1960. Kredibilitasnya sebagai fakultas psikologi pertama di Indonesia sudah tidak perlu diragukan. Program studi ini secara konsisten terakreditasi A oleh BAN-PT. Psikologi Universitas Indonesia terletak di dalam Lingkar Kampus Raya Universitas Indonesia, Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia
Universitas Indonesia jurusan Psikologi

Fakultas Psikologi menyediakan program pendidikan S1 (Psikologi), S2 (Ilmu Psikologi, Psikologi Terapan, Psikologi Profesi), dan S3 (Psikologi). Adapun percabangan ilmu psikologi yang dipelajari di Universitas Indonesia meliputi:

  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Umum dan Eksperimental
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Klinis
  • Psikologi Sosial

Pelajari berapa Biaya Kuliah Jurusan Psikologi Di PTN Terakreditasi A

2. Universitas Gadjah Mada

Program studi psikologi Universitas Gadjah Mada sudah diakui secara luas sebagai salah satu jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Fakultas psikologi Universitas Gadjah Mada Sudah terakreditasi A oleh BAN-PT dan AUN-QA. Lokasi nya berada di Jl. Humaniora, Bulaksumur, Yogyakarta.

Universitas Gadjah Mada menyediakan program pendidikan S1 (Psikologi), S2 (Magister Psikologi dan Magister Psikologi Profesi), dan S3 (Doktor Ilmu Psikologi). Program studi sarjana tersedia dalam kelas reguler dan kelas internasional.

3. Universitas Padjadjaran

Universitas Jurusan Psikologi terbaik berikutnya adalah Universitas Padjadjaran. Universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas dengan konsentrasi psikologi klinis. Tersedia program studi sarjana psikologi (Sarjana Psikologi S1) dan program studi pascasarjana (Psikologi Profesi, Psikologi S2, dan Psikologi S3). Kampusnya beralamatkan di Jl. Raya Bandung Sumedang, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

4. Universitas Airlangga

Universitas Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia
Universitas Airlangga jurusan Psikologi

Salah satu universitas jurusan psikologi terbaik di Provinsi Jawa Timur berada di Universitas Airlangga. Psikologi Universitas Airlangga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, AUN-QA, dan FIBAA. Saat ini, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga sudah bekerja sama dengan universitas di dunia seperti Queensland University of Technology, Zhejiang Sci-Tech University, dan Universiti Utara Malaysia.

Bagi anda yang berminat melanjutkan pendidikan di sini dapat mengunjungi laman websitenya di www.psikologi.unair.ac.id. Sedangkan untuk lokasi alamatnya berada di Jl. Airlangga 4 – 6 Surabaya.

5. Universitas Diponegoro

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro berlokasi di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Program studi ini sudah direncanakan sejak tahun 1980. Pada tahun 1995 Program Studi S1 Psikologi berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Kemudian program studi ini resmi menjadi Fakultas Psikologi pada tahun 2007.

Saat ini, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro terakreditasi BAN-PT yang berlaku hingga 2023 sehingga patut menyandang universitas jurusan psikologi terbaik ke 5 di Indonesia. Tersedia program sarjana dengan bidang psikologi umum dan eksperimen, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi klinis, psikologi industri dan organisasi.

Penutup

Itulah 5 universitas jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Track record dan sejarahnya membuktikan bahwa program studi psikologi di kelima universitas tersebut sangat berkualitas. Tidak heran jika jurusan psikologi tersebut selalu menjadi top 5 yang diminati pada periode seleksi masuk bersama perguruan tinggi negeri.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

2 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال