Berapa Biaya Kuliah Jurusan Psikologi Di PTN Terakreditasi A?

Pemudapembelajar.com - Pada jurusan psikologi Anda akan mempelajari tentang mental, alur pemikiran, dan alasan dibalik perilaku dan tindakan yang dilakukan oleh manusia. Saat ini jurusan tersebut masih memiliki peluang yang tinggi di dunia kerja dan pada lulusan jurusan ini mampu menganalisis perilaku dan kepribadian manusia yang sangat bermanfaat pada berbagai industri apalagi biaya kuliah psikologi yang murah dibandingkan jurusan lain.

Selain itu, memiliki jenjang karir seperti, konsultan psikologi, ahli psikometri, psikiater, recruiter di berbagai perusahaan, dll. Namun berapa banyak biaya kuliah jurusan psikologi yang harus dikeluarkan. Simak ulasannya berikut ini.

Biaya kuliah jurusan psikologi
Biaya kuliah jurusan psikologi

Beberapa Daftar Biaya Kuliah Jurusan Psikologi

Jika Anda tertarik pada jurusan Psikologi, ulasan di bawah ini akan memaparkan berapa biaya pada jurusan tersebut. Berikut adalah beberapa perguruan tinggi negeri atau PTN yang bisa Anda pilih dengan jurusan psikologinya dan tentunya sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan rincian biaya kuliahnya.

Daftar Isi

  1. Unpad (Universitas Padjadjaran)
  2. UI (Universitas Indonesia)
  3. UGM (Universitas Gadjah Mada)

1. Unpad (Universitas Padjadjaran)

Program Studi pada jurusan Psikologi telah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT dengan mata kuliah antara lain, biopsikologi, Neuropsikologi, Psikologi kepribadian, psikologi perkembangan, fungsi – fungsi psikologi, psikologi sosial, metode tes, dll. Berikut adalah daftar rincian biaya kuliah jurusan Psikologi di Unpad.

  • Jalur SNMPTN biaya pendaftaran gratis, sedangkan pada jalur SBMPTN biaya pendaftaran RP. 200.000 dan pada jalur mandiri biaya registrasi Rp.500.000
  • Pada Biaya Kuliah Tunggal sebesar Rp. 10.786.319
  • Pada biaya UKT I tiap semester Rp. 500.000
  • Pada biaya UKT II tiap semester Rp. 1.000.000
  • Pada biaya UKT III tiap semester Rp. 2.500.000
  • Pada biaya UKT IV tiap semester Rp. 5.000.000
  • Pada biaya UKT V tiap semester Rp. 7.500.000
  • Pada program Bidikmisi tiap semester Rp. 2.000.000. Program ini diadakan apabila calon mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu. Jadi Anda boleh mengajukan pada pihak Universitas Padjadjaran jika merasa kurang mampu.

Baca juga: Berikut Adalah Mata Kuliah Jurusan Hukum Yang Wajib Diketahui

2. UI (Universitas Indonesia)

Untuk fakultas psikologi yang terdapat di UI terdapat 2 prodi yaitu prodi Ilmu Psikologi untuk Sarjana, Magister, Doktor dan pada prodi Psikologi Profesi untuk Anda yang menempuh jenjang Magister. Berikut adalah rincian biaya kuliah jurusan psikologi di Universitas Indonesia yang sudah terakreditasi A tersebut.

  • Untuk biaya pendidikan pada S1 reguler bisa dibayarkan sesuai dengan penanggung biaya dengan skema bernama BOP-B atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan yang berkisar Rp. 100.000 sampai Rp. 5.000.000. Dan pada tahun 2013 terhitung sudah tidak dikenakan uang pangkal, karena sudah mendapat subsidi dari pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).
  • Di UI menggunakan UKT atau Uang Kuliah Tunggal dimana Anda sebagai mahasiswa membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan pada prodi dan tidak dikenakan biaya per – sks nya.
  • Pada biaya pendidikan S1 Paralel bersifat tetap dan juga menggunakan UKT, dengan besar BOP-nya adalah berkisar Rp. 8.500.000 per semesternya dan uang pangkal sebesar Rp. 11.000.000.

3. UGM (Universitas Gadjah Mada)

Di UGM untuk jurusan psikologi setiap tahunnya menerima mahasiswa baru sebanyak 200 orang dan pada jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Berikut adalah rincian biaya kuliah jurusan psikologi di Universitas Gadjah Mada.

Silahkan baca juga: 5 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

  • Untuk UKT I sebesar Rp. 500.000
  • Untuk UKT II sebesar Rp. 1.000.000
  • Untuk UKT III sebesar Rp. 3.500.000
  • Untuk UKT IV sebesar Rp. 5.250.000
  • Untuk UKT V sebesar Rp. 7.000.000
  • Untuk UKT VI sebesar Rp. 9.000.000
  • Untuk UKT VII sebesar Rp. 11.000.000
  • Untuk UKT VIII sebesar Rp. 12.000.00

Demikianlah rincian dari biaya kuliah jurusan psikologi pada beberapa Universitas yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT yang bisa Anda pilih.

Penutup

Jika Anda tertarik pada jurusan ini, Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelasnya pada website pada Universitas masing – masing. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda yang akan mengambil jurusan psikologi. Terima kasih dan selamat membaca.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال