Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki, Tertarik Mendaftar?

Pemudapembelajar.com - Menjadi mahasiswa di kampus favorit seperti UGM banyak menjadi dambaan banyak orang. UGM adalah salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia yang memiliki segudang prestasi yang sangat membanggakan. Karena telah menjadi kampus favorit, tentunya UGM memiliki tingkat keketatan yang tinggi, sehingga perlu strategi untuk masuk UGM misalnya seperti masuk melalui jurusan UGM yang mudah dimasuki dan prospek kerjanya bagus seperti jurusan soshum.

Kuliah di UGM dengan jurusan yang memiliki kuota besar

Jadi, fokuslah pada strategi anda karena tidak semua jurusan di UGM memiliki angka keketatan yang tinggi. Terdapat cukup banyak jurusan yang masuk ke kategori mudah dimasuki karena kuota penerimaannya yang besar tetapi jumlah pendaftar tidak begitu banyak. Tentunya Anda jangan sampai melewatkan kesempatan seperti ini.

Anda penasaran apa saja jurusan UGM yang mudah dimasuki? Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai akhir!

Silahkan baca juga: Tips Penting Mendapatkan Beasiswa Kedokteran UGM

Daftar Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

Daftar Isi

  1. Jurusan Arkeologi
  2. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia
  3. Jurusan Sastra Jepang
  4. Jurusan Ilmu Tanah
  5. Jurusan Geofisika

1. Arkeologi

Arkeologi adalah salah satu jurusan UGM yang mudah dimasuki. Masuk ke dalam cakupan Fakultas Ilmu Budaya, jurusan Arkeologi ini sudah lahir pada 1962 dengan nama awal jurusan Ilmu Purbakala. Meskipun mudah dimasuki, tenaga pengajar dan kurikulum pada jurusan ini tentunya sangat berkualitas.

Jurusan Arkeologi UGM

Perihal kerja sama, jurusan ini juga tak kalah keren dengan jurusan lain. Hal ini karena Arkeologi telah bekerja sama dengan Tropenmusem dan Reinwardt Academie di Amsterdam. Prospek kerja jurusan arkeologi adalah menjadi arkeolog dan peneliti, baik di instansi pemerintah maupun swasta.

2. Bahasa dan Sastra Indonesia

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini cocok untuk Anda yang menyukai kebudayaan Indonesia, khususnya bahasa dan sastranya. Di UGM, jurusan ini berada di bawah Fakultas Ilmu Budaya. Materi pembelajaran yang dipelajari di jurusan ini cukup beragam, yakni mulai dari beraneka ragam subjek sastra, puisi, drama, hingga linguistik.

Apabila Anda adalah orang yang memiliki karakter teliti, tekun, kritis, rasional, observan, senang menganalisis, dan berwawasan luas, maka jurusan UGM yang mudah dimasuki satu ini cocok dengan Anda. Prospek kerja dari jurusan ini juga cukup beragam, antara lain editor, copywriter, content writer, penerjemah, dan penulis naskah.

3. Sastra Jepang

Jurusan Sastra Jepang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya. Di jurusan ini, Anda akan mempelajari aspek-aspek yang berkaitan dengan Jepang, baik itu bahasa, sastra, budaya, ataupun sejarahnya. Sastra Jepang UGM memiliki empat konsentrasi, yakni sastra, budaya, sejarah, dan linguistik. Anda dapat memilih dengan bebas konsentrasi tersebut pada semester 5.

Lulusan dari jurusan Sastra Jepang dapat berkarir dalam cukup banyak bidang pekerjaan. Profesi dan karir dari lulusan Sastra Jepang, antara lain editor, penerjemah, pemandu tur, penulis novel, serta penulis.

Jurusan Sastra Jepang di UGM

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah Jurusan Psikologi Di PTN Terakreditasi A?

4. Ilmu Tanah

Ilmu Tanah menjadi salah satu jurusan UGM yang mudah dimasuki. Ilmu Tanah lahir pada tahun 1985 dan berada di bawah Fakultas Pertanian. Akreditasi dari jurusan ini adalah A dan tentunya memiliki kualitas tenaga pendidik yang berkualitas.

Jurusan ini mempelajari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan tanah yang dilihat dari sudut pandang berbeda sehingga tanah dapat dikelola secara berkelanjutan demi lingkungan. Peminatan yang ada pada jurusan ini, meliputi kesuburan tanah, pedogenesis tanah, biologi tanah, serta fisika tanah. Lulusan jurusan ilmu tanah dapat bekerja di berbagai lembaga dan instansi, baik itu negeri maupun swasta.

5. Geofisika

Jurusan Geofisika UGM

Geofisika adalah jurusan yang berada di bawah Fakultas MIPA. Jurusan ini diajarkan berbagai pengetahuan dan pemahaman mengenai seluk beluk Geofisika, baik keterampilan intelektual, keterampilan praktis, dan keterampilan manajerial.

Walaupun menjadi salah satu jurusan UGM yang mudah dimasuki, namun nyatanya prospek kerja dari jurusan ini cukup beragam. Lulusan dari Geofisika dapat bekerja sebagai peneliti ataupun praktisi di bidang pertambanggan.

Itulah lima jurusan UGM yang mudah dimasuki. Apabila Anda tertarik dengan salah satunya, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset lebih lanjut mengenai jurusan tersebut. Selamat mendaftar!