Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penting Mendapatkan Beasiswa Kedokteran UGM

Pemudapembelajar.com - Bisa melanjutkan pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi tentu menjadi dambaan bagi banyak orang. Terlebih jika bisa lolos ke jurusan favorit semisal Kedokteran di Universitas Gadjah Mada (UGM). Terlebih saat ini sudah ada cukup banyak penyedia beasiswa kedokteran UGM sehingga kuliah di kedokteran bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Beasiswa kedokteran UGM

Meskipun saat ini sudah semakin banyak penawaran beasiswa untuk bidang kedokteran, namun tentu saja persaiangannya cukup ketat sehingga tidak sembarang orang bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Kalau Anda tertarik dengan beasiswa di bidang kedokteran, berikut adalah beberapa tips penting yang bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan beasiswa di UGM.

Silahkan baca juga: 5 Jurusan UGM yang Mudah Dimasuki

Tips Penting Memperoleh Beasiswa Kedokteran UGM

Daftar Isi

  1. Rajin Mencari Informasi
  2. Pahami Jenis Beasiswa Kedokteran UGM yang diincar
  3. Persiapkan CV Dan Portofoilio Terbaik
  4. Tunjukkan Prestasi Akademik Yang Tinggi

1. Rajin Mencari Informasi Beasiswa Dari Berbagai Sumber

Salah satu tips yang paling umum digunakan oleh para siswa yang berhasil mendapatkan beasiswa adalah dengan jemput bola. Jangan bersikap pasif dan hanya selalu menunggu datangnya informasi. Anda pun perlu aktif mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan peluang beasiswa yang bisa didapatkan.

Terlebih saat ini sudah semakin banyak media yang bisa digunakan untuk mencari informasi seputar beasiswa mulai dari website, majalah, dan bahkan situs-situs resmi penyedia beasiswa seperti LPDP dan lain sebagainya. Pelajari prosedur, prasyarat, dan berbagai seluk-beluk lainnya untuk mendapatkan informasi lengkap terkait dengan beasiswa tersebut.

2. Pahami Jenis Beasiswa Kedokteran UGM yang Anda Incar

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa sebenarnya ada cukup banyak jenis beasiswa kedokteran UGM yang bisa disasar seperti Bidik Misi, private scholarship semisal dari Sampoerna Foundation dan lain sebagainya. Setiap jenis beasiswa umumnya memiliki persyaratan berbeda yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkannya.

Maka dari itu, Anda perlu cermat dan teliti dalam memahami jenis beasiswa yang akan diincar dan kemudian menyesuaikan keterampilan diri dengan persyaratan yang dicantumkan tersebut. Dengan demikian, Anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk tahapan seleksi dari beasiswa-beasiswa tersebut. 

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa Kuliah Politeknik Pos Indonesia Secara Online 2021

3. Persiapkan CV Dan Portofoilio Terbaik Anda

CV untuk beasiswa kedokteran UGM

Setelah mengetahui jenis beasiswa yang diincar, tips penting yang perlu dicermati selanjutnya adalah dengan mempersiapkan CV dan juga portofolio terbaik yang Anda miliki untuk memikat calon pemberi beasiswa yang bersangkutan. Berbekal dengan CV dan portofolio yang mumpuni, maka bisa meningkatkan potensi Anda diterima sebagai awardee beasiswa.

Biasanya calon pemberi beasiswa akan menggunakan CV dan portofolio tersebut sebagai bagian dari penilaian yang akan dipertimbangkan untuk memberikan beasiswa. Beberapa jenis prestasi yang bisa ditampilkan pada portofolio diantaranya adalah pengalaman organisasi, seminar, perlombaan, dan berbagai aktivitas penunjang lainnya.

4. Tunjukkan Prestasi Akademik Yang Tinggi

Dunia kedokteran merupakan jurusan yang sangat mengandalkan kemampuan akademik para siswanya. Maka dari itu, bila Anda ingin bisa mendapatkan beasiswa kedokteran UGM salah satu prasyarat umum yang harus dipenuhi adalah memiliki tingkat prestasi akademik yang tinggi sehingga bisa dilirik oleh calon pemberi beasiswa.

Maka dari itu, meningkatkan prestasi akademik adalah tips yang sangat penting bagi calon pelamar beasiswa akademik. Selain memiliki prestasi akademik yang tinggi, beasiswa akademik biasanya juga mensyaratkan agar bisa menjaga nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas persyaratan minimal yang telah ditentntukan.

Yuk baca Rekomendasi Fakultas Kedokteran Swasta Termurah di Indonesia, Beserta Rincian Biayanya

Itulah beberapa tips penting yang perlu dicermati apabila Anda ingin melamar beasiswa kedokteran UGM. Berbekal dengan beberapa tips yang telah disampaikan tersebut, kini Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin mengetahui kiat-kiat penting yang bisa diupayakan agar bisa meningkatkan peluang lolos beasiswa.