Universitas Di Malaysia Jurusan Psikologi Terbaik, Ada Beasiswanya Lho!

Pemudapembelajar.com - Pada jurusan Psikologi, Anda akan mempelajari beragam perilaku dari manusia, kebiasaan hidupnya, kesehatan mental serta juga interaksi antar sesama manusia lainnya ataupun dalam kelompok masyarakatnya. Serta merupakan topik menarik yang bisa diaplikasikan langsung dengan kehidupan sehari – hari. Jika Anda adalah salah satu peminat atau profesi Anda mencakup pada bidang psikologi & ingin menempuh pendidikan kuliah di negeri Malaysia, berikut adalah beberapa rekomendasi nama sejumlah Universitas di Malaysia jurusan Psikologi yang bisa Anda coba.

universitas-di-malaysia-jurusan-psikologi
Alumni universitas Malaysia jurusan psikologi

Daftar Universitas Di Malaysia Jurusan Psikologi, Berikut Rekomendasinya Untuk Anda.

Sebelum menempuh pendidikan sarjana di luar negeri, Anda perlu memilih daftar Universitas jurusan psikologi paling baik sebagai investasi dalam menempuh pendidikan tinggi untuk masa depan Anda, juga tentunya sesuai dengan budget yang Anda keluarkan. Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan studi sarjana di Negeri Jiran, berikut adalah deretan Universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan jurusan psikologi nya.

Daftar Isi

  1. University Of Malaya
  2. Universiti Tunku Abdul Rahman Atau UTAR
  3. HELP University
  4. Asia Pacific University
  5. Heriot-Watt University
  6. UCSI University
  7. Raffles University Iskandar
  8. University of Nottingham
  9. Durasi, Biaya, dan Prospek Kerja

1. University Of Malaya

Universitas psikologi Malaysia pertama yang akan dibahas adalah University Of Malaya. Merupakan universitas tertua & paling bergengsi di Negeri Jiran, dengan letaknya di dekat Kota Kuala Lumpur yang berdiri tahun 1949 dan merupakan gabungan dari King Edward VII College Of Medicine dan Raffles College. Jurusan psikologi merupakan salah satu dari 12 fakultas populer di Universitas tersebut. Dengan menempati urutan ranking ke 84 terbaik di seluruh dunia pada 2018 versi dari QS World University Rangkings.

Di Asia dengan urutan rangking ke 19 lalu urutan ketiga di Asia Tenggara khusus untuk jurusan Psikologi. Salah satu universitas di Malaysia jurusan psikologi terbaik ini, pernah mencetak tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari universitas tersebut yakni, Mahathir Mohamad & kini menjabat sebagai Perdana Menteri Di Malaysia.

2. Universiti Tunku Abdul Rahman Atau UTAR

Salah satu universitas swasta bergensi di Malaysia, didirikan pada tahun 2002 hingga kini terdiri dari 9 fakultas, 3 Institut akademi, 3 pusat pendidikan dan 32 pusat penelitian. Salah satu universitas di Malaysia jurusan psikologi ini memiliki dua univertsitas dengan fakultas yang berbeda-beda, khususnya untuk fakultas Psikologi, perkuliahan dilakukan di Kampar dan satunya lagi di Sungai Long di Klang Valley.

Baca juga: Beasiswa Kuliah Gratis Dalam Negeri

Seluruh Fakultas di Universitas ini sudah terakreditasi oleh Malaysian Qualifications Agency serta Jabatan Perkhidmatan Awam (JPA). UTAR sudah diakui oleh MOHE atau Ministry Of Higher Education, termasuk pemerintahan dari berbagai dunia salah satunya Indonesia yang menjadikan universitas tersebut pilihan banyak pelajar asing.

3. HELP University

Adalah salah satu universitas swasta di Kuala Lumpur Malaysia, berdiri pada tahun 1986, memiliki Twinning program dengan beberapa universitas yaitu, University of Glamorgan, Wales, UK dan University of Southern Quuensland, Australia. Serta sudah terjalin kerja sama dengan universitas di berbagai negara, yaitu UK, Amerika Serikat, Selandia Baru, Indonesia, Kanada, Vietnam, China dan Eropa.

Fakultas Behavioural science yang membawahi jurusan Psikologi pada universitas tersebut dan merupakan salah satu universitas di Malaysia jurusan Psikologi pertama yang membuka jurusan psikologi pada pertengahan tahun 1990. Saat ini universitas tersebut mmeiliki berbagai fasilitas lengkap untuk menunjang para mahasiswa, diantaranya adalah CareerSense@HELP dan juga Centre for Psychological Counselling Services (CPCS) yang terbuka untuk staff dan umum.

4. Asia Pacific University

Asia Pacific University (APU), merupakan salah satu universitas swasta premier Malaysia, untuk jurusan psikologi Anda bisa memilih program Bachelor of Science (Honours) in Psychology. Keunggulan universitas ini adalah adanya program Dual-award degree dari De Montfort University (UK) juga dari APU sendiri.

APU berfokus pada teknologi sebagai pelengkap kurikulumnya agar bisa diterapkan oleh mahasiswa dalam implementasi dan aplikasi pada penelitian psikologis. APU mendapatkan nilai hampir sempurna 5/6 (Excellent) dari Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia (MQA SETARA 2018/2019).

5. Heriot-Watt University Malaysia

Heriot Watt University Malaysia merupakan salah satu universitas dari UK untuk bisnis dan industri. Menurut QS World’s University Rankings 2018/2019, Heriot Watt University Malaysia memiliki peringkat 302 di dunia lalu peringkat 39 di UK dan peringkat 7 di Scotland.

Program untuk jurusan psikologi adalah BSc (Hons) atau Bachelor of Science (Honours) Psychology, dengan kurikulum berfokus pada implementasi solusi dalam permasalahan sehari-hari sebagai masyarakat. Jika Anda berhasil masuk Heriot-Watt University Malaysia jurusan psikologi maka besar kemungkinan Anda akan mendapat kesempatan untuk berpindah ke univertsitas ternama di Inggris dan dubai.

6. UCSI University Malaysia

UCSI University Malaysia merupakan salah satu pendidikan tinggi swasta pertama Malaysia dan menutur QS World University Rangkings 2020, UCSI masuk kedalam peringkat 500 universitas terbaik di dunia.

Program yang dimiliki untuk jurusan psikologi adalah BA (Hons) Psychology atau Bachelor of Arts (Hons.) Psychology. UCSI memberi susunan pengajaran yang seimbang dengan adanya 3 penempatan magang sehingga mahasiswa terbiasa dengan permasalahan nyata. Setiap mahasiswa juga mempunyai kesempatan untuk belajar ke Inggris melalui jalur gelar internasional.

7. Raffles University Iskandar Malaysia

Raffles University Iskandar (RUI) merupakan universitas swasta Malaysia yang berdiri sejak 2012 di Johor. RUI merupakan hasil dari kerja sama antara Educity Iskandar Malaysia Sdn. Bhd sebagai pemerintah dan Raffles Education Corporation (REC) sebagai sebuah perusahaan pembelajaran multi-nasional.

Kurikulum RUI menggunakan metode pembelajaran dengan mengedepankan pada skills serta kemampuan praktik mengatasi masalah riil kepada para mahasiswanya. Secara resmi RUI sudah diakui oleh MOHE (Ministry of Higher Education Malaysia) pada Oktober 2011. Terdapat dua program untuk jurusan psikologi yaitu program diploma (D3) serta program sarjana (S1).

8. University of Nottingham Malaysia

University of Nottingham merupakan salah satu universitas asal Inggris yang membuka cabang pertama kali di Malaysia dengan secara konsisten masuk kedalam peringkat top 100 universitas terbaik di dunia. Program untuk jurusan psikologi adalah BSc (Hons) atau Bachelor of Science (Honours) Psychology dengan kualitas ijazah setara dengan ijazah keluaran universitas di Inggris.

Universitas ini mendapatkan penghargaan Queen`s Awards for Enterprise 2001 dan Wueen`s Award for Industry (International Trade) 2006 dan lulusan University of Nottingham Malaysia sudah terakreditasi oleh Association of MBAs dan UK Engineering Council.

Durasi, Biaya, dan Prospek Kerja Jurusan Psikologi Malaysia

Durasi atau lama kuliah jurusan psikologi untuk program Diploma Psikologi umumnya akan memerlukan waktu 2 sampai 2.5 tahun, lalu untuk program Sarjana Psikologi tentunya lebih lama karena Anda dituntut untuk mendapatkan salah satu dari keahlian di bagian psikologi khusus, seperti psikologi klinis, neuro psikologi, serta psikologi forensik. Sehingga akan memerlukan waktu tambahan sekitar 1 sampai 2 tahun.

Biaya yang perlu dibayarkan untuk melanjutkan kuliah di jurusan psikologi Malaysia sangat bergantung pada univertsitas yang ingin dituju khususnya untuk mahasiswa asing. Dianjurkan secara berkala untuk update informasi kuliah secara terinci dari website official. Namun secara median (rata-rata range biaya) untuk Program Sarjana S1 memerlukan biaya 30-100 juta / semester untuk universitas negeri Malaysia dan 30-150 juta / semester untuk universitas swasta.

Berikut beberapa prospek kerja bagi para lulusan psikologi di Malaysia.

  • Klinik Psikologi,
  • Counselling Psychologist,
  • Psikolog Industri & Organisasi,
  • Psikolog Bidang Sport & Training,
  • Psikolog Pendidikan,
  • Eksekutif Pengembangan Bisnis,
  • Konselor Karir,
  • HR Eksekutif,
  • Analis Riset Pasar,
  • Eksekutif Periklanan & Media,
  • Special Education Therapist,
  • Asisten Pekerjaan Sosial

Penutup

Demikianlah beberapa rekomendasi untu melanjutkan studi dengan gelar Sarjana di Negeri Jiran Malaysia. Dari beberapa daftar nama Universitas di Malaysia jurusan Psikologi tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan tentang pendidikan serta karier Anda di masa mendaatang. Terima kasih dan selamat membaca.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال