Rincian Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional, Simak Penjelasannya

Pemudapembelajar.com - Bagi Anda yang pecinta dunia politik, sangat disarankan untuk memilih jurusan Hubungan Internasional ini, karena sesuai dengan namanya yang mempelajari tentang hubungan suatu negara dengan negara lainnya yang pastinya mengandung unsur politik dan sejarah didalamnya. Jurusan ini sangat populer dan banyak diminati di Indonesia karena mempunyai prospek kerja yang baik dengan gaji besar. Namun berapakah rincian biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional di berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Jurusan hubungan internasional merupakan jurusan andalan siswa SMA jurusan IPS. Lalu apakah jurusan IPA bisa masuk hubungan internasional? tentu saja bisa dan mungkin. Di tingkat sekolah menengah atas, perubahan minat belajar masih sering terjadi sebagai proses tahapan pengembangan diri. Sah-sah saja jika anak IPA ingin melanjutkan belajar di jurusan Hubungan Internasional.

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional
Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Apa yang perlu disiapkan untuk jurusan Hubungan Internasional? yang pertama adalah mental. Jika sudah memutuskan untuk masuk kedalam jurusan Hubungan Internasional, Anda akan dituntut untuk berperilaku kritis, analitis dan komunikatif. Ditahun pertama belajar, akan banyak memperlajari dasar Hubungan Internasional, selanjutnya masuk ketahap pendalaman materi dengan mempelajari sejarah bangsa-bangsa, sosiologi, budaya asing, bahasa, isu global dan hubungan diplomatik antar bangsa. Tentu saja dalam proses belajarnya, Anda akan banyak melakukan diskusi (debat) bersama, praktik diplomasi, dan akan banyak membuat esai, dari sinilah sikap kritis, analitis dan komunikatif akan dibentuk. #infojursanpmd

Rincian Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Prospek kerja Hubungan Internasional masih sangatlah luas, jangan bingung kuliah jurusan Hubungan Internasional kerja apa? beberapa posisi seperti diplomat, internasional officer, penerjemah, politikus, jurnalis selalu dibutuhkan di institusi baik pemerintahan maupun institusi internasional. Anggap saja biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional sebagai investasi, dan bagi yang membutuhkan informasi beasiswa Hubungan Internasiona bisa membuka artikel beasiswa S2 Hubungan Internasional di luar negeri.

Yuk baca juga: Beasiswa Full Hubungan Internasional S2 di ANU Australia

Tanpa perlu berlama-lama lagi berikut adalah rincian biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional. Bagi Anda yang ingin lebih banyak mengeksplorasi ulasan dari beberapa universitas dengan jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indoensia yang sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya, silahkan klik link tersebut. #infopemudapembelajar

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional
 Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Daftar Isi

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  2. Universitas Airlangga (UNAIR)
  3. Universitas Indonesia (UI)

1. Universitas Gadjah Mada, UGM

Berapa biaya kuliah di UGM jurusan Hubungan Internasional? Untuk biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional program reguler di UGM, dikategorikan pada kelompok Uang Kuliah Tunggal atau UKT pada program sarjana untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Jalur Mandiri. Pada tahun ajaran 2020/2021 bagi setiap mahasiswa biaya kuliah ditentukan berdasarkan jumlah total penghasilan kotor ayah dan ibu dan ditambah penghasilan tambahan ayah dan ibu, dengan kriteria sebagai berikut.

  • Pada Kelompok UKT 1 dengan biaya Rp. 500.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 2 dengan biaya Rp. 1.000.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 3 dengan biaya Rp. 2.900.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 4 dengan biaya Rp. 4.350.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 5 dengan biaya Rp. 5.800.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 6 dengan biaya Rp. 6.500.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 7 dengan biaya Rp. 7.500.000 per semester.
  • Pada Kelompok UKT 8 dengan biaya Rp. 9.000.000 per semester.

Jurusan Hubungan Internasional UGM pada tahun 2020 mendapatkan peringkat akreditasi A baik untuk program S1 Ilmu Hubungan Internasional dan program S2 Magister Ilmu Hubungan Internasional dengan masa berlaku hingga tahun 2025.

Baca juga: 8 Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

2. Universitas Airlangga, Unair

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional
universitas jurusan hubungan internasional

Pembahasan ke-2 pada topic biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional, adalah jurusan Hubungan Internasional di Universitas Airlangga. Jurusan ini berada dibawah naungan Fisip atau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, yang membuka program studi secara khusus mempelajari tentang masalah-masalah hubungan internasional dengan nama Prodi Hubungan Internasional yang berdiri pada tahun 1982 yang semula dibawah naungan Jurusan Ilmu Politik. Dan dimulai pada tahun 2006 berkembnag menjadi lebih otonom dengan ditetapkannya menjadi Departemen Hubungan Internasional. #infopmdpbj

Rincian biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional universitas airlangga terdapat biaya Uang Kuliah Tunggal atau UKT yang dibayarkan pada tiap semester, dengan rincian berikut ini.

  • Untuk UKT I dengan Biaya Rp. 500.000.
  • Untuk UKT II dengan Biaya Rp. 1.000.000.
  • Untuk UKT III dengan Biaya Rp. 3.000.000.
  • Untuk UKT IV dengan Biaya Rp. 6.000.000.
  • Untuk UKT V dengan Biaya Rp. 8.000.000.
  • Untuk UKT VI dengan Biaya Rp. 2.400.000.

Selanjutnya untuk informasi peringkat akreditasi jurusan Hubungan Internasional universitas Airlangga (UNAIR) tahun 2021 sebagai berikut:

  • S1 Ilmu Hubungan Internasional akreditasi Unggul dengan masa berlaku hingga tahun 2026.
  • S2 Hubungan Internasional askreditasi B dengan masa berlaku hingga tahun 2026.

3. Universitas Indonesia, UI

Jurusan Hubungan Internasional yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik UI, mempunyai tujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis berbagai fenomena hubungan Internasional.

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional
fakultas hubungan internasional

Mereka juga dapat berperan secara aktif dalam berbagai bidang profesi yang relevan sesuai jurusan, baik di sektor pemerintah, riset, pendidikan dan sektor lainnya, tingkat nasional maupun internasional.

Yuk baca juga: Informasi beasiswa lengkap S1

Dengan rincian biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional UI pada pendidikan S1 Reguler yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan si penanggung. Dengan skema pembayaran yang dinamakan BOP-B atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan dengan kisaran biaya Rp. 100.000 sampai Rp.5.000.000. Pada tahun 2013 program S1 Reguler sudah tidak dikenakan uang pangkal, karena sudah disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). #infopmdpembelajar

Peringkat akreditasi untuk jurusan Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI)

  • Program S1 Ilmu Hubungan Internasional dengan nomor SK 615/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2019 terakreditasi A dan berlaku hingga tahun 2024.
  • Program S2 Ilmu Hubungan Internasional dengan nomor SK 2817/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/V/2020 terakreditasi A dan berlaku hingga tahun 2025.

Penutup

Demikian informasi seputar universitas yang ada jurusan hubungan internasional dengan rincian biaya kuliah jurusan Hubungan Internasional dan peringkat akreditasi yang bisa Anda pilih pada salah satu Universitas di Indonesia. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda saat hendak mengambil jurusan Hubungan Internasional. Terima kasih dan selamat membaca.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

2 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال