Beasiswa Turki Tanpa TOEFL, Ada? Yuk Simak Selengkapnya

Pemudapembelajar.com - Memang terdapat beberapa negara tidak mewajibkan adanya syarat TOEFL dalam memberikan beasiswanya, termasuk di negara Turki ini. Macam-macam beasiswa ke Turki untuk melanjutkan studi jenjang sarjana baik S1 ataupun S2, salah satunya adalah beasiswa tanpa adanya syarat adanya TOEFL atau IELTS. Bagi Anda yang penasaran dan ada keinginan untuk mencoba beasiswa S1 tanpa TOEFL, berikut adalah rekomendasi Beasiswa Turki tanpa TOEFL yang wajib Anda coba.

beasiswa-turki-tanpa-toefl
Beasiswa Turki tanpa TOEFL

 

Beasiswa Turki Tanpa TOEFL

Daftar Isi

  1. Beasiswa Turkiye Burslari Scholarship
  2. Jenis Program Beasiswa Turki
  3. Persyaratan Dokumen

1. Beasiswa Turkiye Burslari Scholarship

Anda pasti penasaran dengan apa itu beasiswa Turkiye Burslari Scholarship? Beasiswa ini merupakan beasiswa yang menawarkan program studi S1, S2, S3, dan penelitian, dan Program Bahasa Turki untuk mahasiwa Internasional. Bagi Anda para pemburu beasiswa Turki tanpa TOEFL, salah satu beasiswa ini dapat Anda coba. Namun jika Anda sudah memiliki sertifikasi TOEFL, Anda bisa melampirkannya dan akan bisa menjadi nilai plus bagi Anda.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh beasiswa ini adalah tidak adanya syarat sertifikasi bahasa dan akan memberikan beasiswa penuh untuk Anda saat kuliah di Turki, jadi sifat dari adanya TOEFL tersebut adalah opsional. Dan jika Anda sudah punya sertifikasi TOEFL tersebut, Anda boleh melampirkanya, jika tidak ada maka tidak masalah. Tetapi terdapat jurusan tertentu akan meminta persyaratan tersebut karena terdapat bahasa asing di dalamnya termasuk Bahasa Inggris.

2. Berbagai Jenis Program Beasiswa Turki Tanpa TOEFL, yaitu Turkiye Burslari

A. Full – Time Program, yang mencakup beasiswa penuh waktu untuk jenjang S1, S2, S3.

    1. Undergraduated Scholarship Program.
    2. Postgraduated Scholarship Program.
    3. Art Scholarship Program.

B. Short – Term Program, yang mencakup beasiswa jangka pendek untuk beberapa area dan kelompok sasaran tertentu.

    1. Succes Scholarship Program (1 Tahun).
    2. Research Scholarship Program (3 – 12 Bulan).
    3. Turkish Language Programme For Public Officials And Academicians [KATIP] (8 – 10 Bulan). 

Bagi Anda yang sedang mencari informasi beasiswa untuk jalur tahfids di UI? silahkan cek artikel berikut Persyaratan dan Cara Mendaftar Beasiswa Tahfidz di UI (Universitas Indonesia)

3. Persyaratan Dokumen Beasiswa Turkiye Burslari

  • Setelah Anda lulus bisa lampirkan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus, jika Anda belum lulus dapat menggunakan surat keterangan akan lulus (Leter of Expected Graduation).
  • Jika Anda belum lulus untuk sementara Anda bisa melampirkan transkrip nilai rapor.
  • Anda bisa melampirkan semua sertifikat atau penghargaan prestasi yang pernah Anda raih.
  • Melampirkan kartu tanda pengenal seperti KTP atau Paspor bisa juga Kartu Keluarga.
  • Melampirkan rekomendasi (Letter of Recomendation) dan CV.
  • Melampirkan LOI atau Letter Og Intent.
  • Jika Anda mempunyai Ujian seleksi masuk Universitas di Turki bisa Anda lampirkan.
  • Jika ada Anda bisa melampirkan sertifikasi Ujian Internasional seperti TOEFL, IELTS, GRE/ GMAT, sesuai dengan judul diatas Beasiswa Turki Tanpa TOEFL, maka sertifikat tersebut hanya bersifat opsional dan tergantung jurusan yang Anda ambil.
  • Terakhir Anda bisa mengisi formulir online YTB dengan lengkap dan jangan sampai terdapat keterangan berwarna merah pada sub menu formulir online tersebut. 

Penutup

Demikian lah informasi tentang beasiswa Turki tanpa TOEFL, yang bisa Anda coba dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri, termasuk di negara yang berkawasan dua Benua tersebut. Jika terdapat persyaratan yang tanpa melampirkan sertifikasi seperti TOEFL, hal tersebut akan lebih memudahkan Anda untuk masuk unversitas luar negeri termasuk di Turki. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda, terima kasih dan selamat mencoba. Salam sukses.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

8 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال