Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Pribadi Yang Sukses di Masa Depan

Pemudapembelajar.com - Belajar merupakan salah satu kegiatan yang pada dasarnya memang harus dilakukan oleh setiap orang. Mudahnya bilang, "Jika Ingin Pandai, Maka Belajarlah". So, belajar itu sendiri bisa berbagai macam mulai dari belajar tentang materi pelajaran, atau belajar melatih diri dari atas pengalaman. Penting banget untuk Anda memahami teknik bagaimana cara belajar yang efektif, karena sebagai manusia kita dituntut untuk terus belajar.

Namun disini pembahasan difokuskan pada belajar tentang materi pelajaran yang biasanya ada sifat negatif yang datang tanpa diundang yaitu hadirnya kemalasan. Ya, selama ini anak sekolah selalu dituntut untuk belajar keras. Padahal hal itu belum tentu meningkatkan daya ingat otak, justru menimbulkan kemalasan. Mungkin apakah belajar dengan rentang waktu tertentu adalah kunci belajar efektif, seperti misalnya apakah 30 menit cukup untuk belajar?

Cara Belajar Efektif
Cara Belajar Efektif

Ya, jawabannya tergantung. Hal yang menjadi beban dan tanggung jawab anak sekolah selanjutnya adalah harus mengerjakan tugas pekerjaan rumah yang terkadang diberikan tak masuk akal banyaknya. Wow! Bagaimana mungkin, seseorang harus bekerja keras dan otaknya diajak berfikir dengan benar serta menampung semua mata pelajaran. Jarang terjadi, jika bukan golongan anak "Jenius" dan "tekun". Lalu bagaimana sih Cara Belajar Efektif itu?

Pertanyaan yang bagus dan sedikit klise memang. Cara Belajar Efektif, perlu diingat belajar juga harus dilakukan waktu yang tepat, tertarget, dan menerapkan teknik-teknik tertentu sebagai penunjang sehingga akan menciptakan Cara Belajar Efektif dan Efisien. Tipsnya seperti apa, akan disampaikan dibawah. Namun sebelumnya, Anda harus mengerti terlebih dahulu alasan utama malas belajar seperti dibawah ini:

Daftar Isi

  1. Alasan Malas Belajar - Tekanan dari Orang Tua
  2. Alasan Malas Belajar - Tekanan dari Guru
  3. Alasan Malas Belajar - Pengaruh Lingkungan
  4. Meningkatkan Semangat Belajar - Perbanyak Minum Air Putih
  5. Meningkatkan Semangat Belajar - Olahraga Teratur
  6. Meningkatkan Semangat Belajar - Minum Asupan Vitamin
  7. Tips Belajar Efektif - Jadikan Belajar Sebagai Kebutuhan
  8. Tips Belajar Efektif - Cari Tempat Belajar yang Nyaman dan Disukai
  9. Tips Belajar Efektif - Susun Target Belajar Sendiri
  10. Tips Belajar Efektif - Belajarlah untuk Menerangkan apa yang sudah Anda ketahui
  11. Tips Belajar Efektif - Berfikir Lebih Kritis
  12. Tips Belajar Efektif - Berikan Jeda dan Istirahatkan Otak
  13. Tips Belajar Efektif - Merangkum / Meringkas
  14. Tips Belajar Efektif - pada Waktu-waktu Khusus

Alasan Utama Murid Malas Belajar

1. Tekanan dari Orang Tua

Perlu diketahui, tekanan dari orangtua kepada anak untuk melakukan belajar secara rutin dan keras adalah cara yang salah. Walaupun mengatas namakan demi kebaikan dan masa depan anak, namun terlalu keras memaksa tidak bisa dikatakan benar. Meskipun terkadang ada anak yang mampu, tapi efek samping pada mentalnya sudah pasti akan muncul, seperti malas, rasa ingin berontak dan lainnya. Itulah sebabnya mengapa peran orangtua harus mendorong dan memberikan support, bukan menekan.

2. Tekanan dari Guru

Sedangkan dimaksud dengan tekanan dari guru, yakni pemberian tugas atau pekerjaan rumah yang berlebihan. Dengan begitu seorang siswa akan siap dan tidak siap harus menyelesaikan semuanya dalam waktu yang terbilang singkat.

Padahal, pekerjaan rumah setiap siswa tentu bukan satu materi saja. Anda juga harus terbiasa untuk mengabaikan setiap desakan dari mereka untuk kesehatan mental dan otak. Bukan bermaksud mengajarkan hal yang tidak-tidak, tetapi perlu ada negosiasi baik siswa dengan gutu, atau siswa dengan orang tua. Misalnya jika guru akan memberikan PR dengan target waktu yang mepet, sampaikan dengan baik jika target waktu yang ditentukan terlalu dekat dan terkesan terburu-buru.

Jadi pada intinya, semakin ditekan akan semakin stres. Sementara Cara Belajar Efektif adalah langkah yang perlu diambil dan di praktekkan supaya proses belajar menjadi lebih nyaman.

3. Pengaruh Lingkungan

Disadari atau tidak lingkungan tempat tinggal dan teman sepermainan anak juga turut berperan besar dalam membuat anak giat belajar atau malah jadi malas belajar. Alangkah baiknya selalu memperhatikan dengan seksama dengan siapa bergaul, dan sebisa mungkin ciptakan lingkungan yang nyaman untuk Anda belajar seperti meja yang rapih, aroma terapi dan lainnya. Hindari menyepelekan waktu, tidak ada cara belajar kebut semalam yang efektif, kalaupun ada memori pelajaran yang disimpanpun tidak bertahan lama.

Ingatlah pepatah , “Jika berteman dengan penjual minyak wangi, maka kita akan ikut wangi”, maka baiknya kita berteman dengan mereka yang baik dan positif agar langkah kita terinfluence dan semakin baik.

Cara Meningkatkan Kebugaran Agar Makin Semangat Belajar

Sebelum menyimak tentang Cara Belajar Efektif, ada baiknya menerapkan beberapa hal untuk menunjang kenyamanan dalam proses belajar dan menjaga kebugaran tubuh sehingga meningkatkan semangat belajar, yuk disimak.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kelihatannya sepele, namun perannya sangat berarti sekali. Minum air putih teratur dan sesuai kebutuhan tubuh akan menyehatkan tubuh, menjaga cairan tubuh tetap stabil, sehingga daya fokus pun lebih lama. Dengan begitu otak akan lebih siap dan stabil untuk menerima materi yang sedang Anda pelajari. Sedikit berbagi pengalaman, usahakan pagi setiap sehabis bangun tidur harus minum satu gelas Air putih, dan lakukan proses belajar pagi hari, karena pagi merupakan waktu yang paling cepat membentuk daya ingat dan kondisi lingkungan yang masih sunyi.

2. Olahraga Teratur

Bukan olahraga rutin, namun teratur. Keduanya sangat berbeda, karena ketika olahraga rutin yang artinya terus-menerus justru akan membuat capek dan bosan. Namun jika olahraga teratur, maka setidaknya 2 - 3 kali dalam seminggu. Olahraga akan membuat aliran darah lancar sehingga tubuh terasa segar dan pastinya fresh karena metabolisme tubuh lancar.

3. Minum Asupan Vitamin

Banyak iklan yang menjual produk vitamin kesehatan, kecantikan, bahkan peningkat daya ingat otak. Mungkin Anda bisa konsumsi vitamin rekomendasi Anda atau dokter Anda untuk meningkatkan daya ingat. Namun tetap harus diimbangi belajar ya, meskipun hanya 20 - 30 menit saja setiap hari.

Setelah memahami apa saja yang perlu dilakukan untuk membangun semangat belajar, berikut ini adalah beberapa Cara Belajar Efektif yang bisa diterapkan.

Baca juga: Kumpulan Tips dan Trik Belajar Efektif

Cara Belajar Efektif

1. Jadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Memang seharusnya seperti itu, Cara Belajar Efektif adalah dengan menjadikan belajar sebagai suatu kebutuhan, sehingga Anda mempunyai tanggung jawab setiap harinya. Dengan begitu maka Anda juga pasti akan bersungguh-sungguh dalam melakukannya.

Meskipun faktanya, tetap saja sulit untuk dilakukan tips nomor satu ini. Namun paling tidak lakukan semampunya dan coba juga terapkan beberapa tips di bawah lainnya yang tentunya bisa mendukung Cara Belajar Efektif Anda.

2. Cari Tempat Belajar yang Nyaman dan Disukai

Belajar dimanapun tidak ada salahnya selama tidak mengganggu ketenangan orang lain. Sekalipun belajar di taman atau tempat wisata, jika hal itu mampu meningkatkan konsentrasi belajar Anda maka lakukan. Pilihlah tempat belajar yang disukai yang menjadi preferensi Anda. Misal penulis tidak bisa belajar jika terlalu sunyi, harus ada musik yang keras untuk melawan rasa kantuk.

Meskipun sebenarnya, kebanyakan yang belajar di tempat wisata logikanya justru mengalihkan proses belajar, namun kembali ke masing-masing individu. Dimanapun tempat yang bisa membangun konsentrasi belajar, maka gunakanlah.

3. Susun Target Belajar Sendiri

Tips Cara Belajar Efektif selanjutnya, yakni menyusun target belajar. Cara ini akan membuat Anda merasa tertantang, sehingga menggebu untuk menguasai materi pelajaran. Cara lainnya, target tersebut bisa Anda lakukan sendiri atau melakukannya bersama teman.

Ajak teman berkompetisi menyelesaikan target belajar, dan mintalah guru untuk memberikan nilai dengan tujuan agar semangat belajar. Ternyata pemberian nilai sangat berpengaruh pada murid untuk semangat berlomba mendapatkan nilai yang terbaik.

4. Belajarlah untuk Menerangkan apa yang sudah Anda ketahui

Anda bisa menjadi guru cara menerangkan kepada diri Anda atau teman tentang apa yang sudah dipelajari, ini juga termasuk Cara Belajar Efektif. Jika kebanyakan untuk berperan sebagai guru harus ada teman yang membantu dan berperan sebagai murid, tetapi untuk mempersingkat waktu dan mempercepat proses belajar, Anda bisa melakukannya sendiri.

Jadi setelah selesai belajar, Anda bisa bicara menyampaikan materi yang seolah di depan Anda ada banyak murid yang mendengarkan. Peraga seperti ini akan membuat Anda merasa "Pandai" dan menimbulkan fikiran "Harus Bisa".

5. Berfikir Lebih Kritis

Berfikir kritis dalam belajar adalah langkah yang efektif. Karena dengan begitu maka setiap hal yang dipelajari akan dicari tahu sampai detail. Sebenarnya tidak hanya berguna dalam proses belajar saja, berfikir kritis merupakan pondasi yang harus anda kuasai, karena banyak hal membutuhkan pikiran kritis. Cara Belajar Efektif dengan berfikir kritis disini adalah mampu menganalisa setiap hal sampai benar.

6. Berikan Jeda dan Istirahatkan Otak

Kebanyakan anak saat menghadapi ujian akan berfikir keras belajar dan terus belajar tanpa jeda. Padahal ini bukan Cara Belajar Efektif. Kenapa? Karena otak terus diperas tanpa berhenti.

Padahal, ketika hendak menghadapi ujian, tidak hanyak satu materi saja yang diujikan, namun banyak. Tuntutannya adalah Anda harus belajar semua dan paham semua, jadi akan sangat berat sekali jika memforsir tubuh Anda untuk belajar terus-menerus. Berikanlah jeda, istirahat, lakukan hal yang Anda sukai dahulu, biarkan otak memproses materi yang sudah Anda pelajari. Jika takut terbuai ukurlah jeda Anda dengan waktu. 

Sekali lagi jangan memforsir tubuh dan pikiran untuk belajar tanpa jeda, ini adalah langkah yang salah, karena Cara Belajar Efektif yakni dengan memberikan jeda.

7. Merangkum / Meringkas

Buatlah rangkuman dari materi yang telah Anda pahami atau pelajari, bisa tekstual atau sesuai pemahaman Anda. Mengulang-ulang materi adalah tips yang terbaik untuk memberikan daya ingat, asalkan juga tetap harus di pahami. Membaca tanpa memahami sama dengan omong kosong. Jadi,dengan membuat ringkasan / rangkuman itu, sedikit banyak Anda akan paham dengan materinya.

Setiap selesai belajar, rangkumlah kembali materi yang sudah Anda pelajari selang beberapa saat. Jadi ketika Anda telah usai mengakhiri proses belajar, istirahatlah dengan duduk bersantai setidaknya 10 menit. Jika dirasa cukup, ambilah buku dan tulis ulang semua yang Anda ingat yang telah dipelajari. Lakukan perangkuman tersebut 2 kali, yang satu lagi bisa malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum ke sekolah.

8. Belajar pada Waktu-waktu Khusus

Setelah menyediakan tempat yang nyaman untuk belajar, pembahasan selanjutnya adalah tentang rahasia umum dari waktu terbaik untuk belajar, tapi sebelum itu, disarankan Anda juga harus mengerti diri Anda sendiri. Seperti Berapa lama waktu belajar yang efektif untuk Anda? apakah 30 menit atau 60 menit. Setelah Anda ketahui kemampuan Anda dalam hal belajar, selanjutnya lakukan belajar di pagi hari. Apakah belajar saat subuh itu baik? justru ini rahasia umumnya, PAGI HARI. Ya benar banyak manfaat yang terjadi dalam waktu pagi itu, silahkann dicoba saja. Bagi Anda yang susah paham dan malas belajar, lakukan saja dan rasakan langsung manfaatnya.

Penutup

Belajar memang menjadi momok setiap orang, dari anak sekolah, kuliahan, pekerja, bahkan pengusaha. Yang paling gencar dicari dan dibicarakan adalah ada nggak si teknik belajar efektif untuk mendapat pemahaman cepat dan meningkatkan semangat belajar. Apa lagi era ini melahirkan banyak cara untuk berlajar seperti cara belajar efektif untuk ujian, cara belajar utbk efektif, cara belajar di rumah yang efektif, cara belajar efektif di sekolah, dan cara belajar efektif di masa pandemi. Semoga tips akan Cara Belajar Efektif di atas guna membantu Anda dalam kegiatan proses belajar. Demikian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.