Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Pengantar Teknologi Informasi (Perangkat Lunak Sistem Operasi)

Pemudapembelajar.com - Apa itu perangkat lunak sistem operasi? penasaran kan. Yaps, materi pengantar teknologi informasi bagian 3 akan berfokus untuk membahas Perangkat Lunak. Materi akan difokuskan untuk menjawab pengertian perangkat lunak, sistem operasi, tujuan sistem operasi dan tipe-tipe sistem operasi. Yuk dalami bersama materi Pengantar Teknologi Informasi (Perangkat Lunak Sistem Operasi) dan simak sampai habis ya.

Daftar Isi

  1. Piranti Lunak (Software)
  2. Sistem Operasi (Operating System)
  3. Tujuan Sistem Operasi
  4. Tipe Sistem Operasi (1)
  5. Tipe Sistem Operasi (2)
  6. Klasifikasi Perangkat Lunak (software / Aplikasi)

Materi Pengantar Teknologi Informasi (Perangkat Lunak Sistem Operasi)

Materi Pengantar Teknologi Informasi (Sistem Operasi)
Pengantar Teknologi Informasi

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak (software) komputer adalah suatu perangkat logika yang berisi rangkaian perintah, program, prosedur, dan beberapa aktivitas pemrosesan perintah pada mekanisme komputer untuk menjalankan tugas.

Pengertian perangkat lunak (software) menurut Ahli:

Wiwit Siswoutomo, 2013 dalam bukunya "Step By Step Joomla! Programming" menyampaikan bahwa software adalah sebuah nyawa dari komputer atau Hardware. Karena tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras atau Hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

Program adalah sekumpulan instruksi terstruktur (algoritma) yang diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode skema, design maupun dalam bentuk lain dan dapat dibaca oleh komputer sebagai instruksi yang mampu membuat komputer bekerja untuk memudahkan pekerjaan dan permasalahan.

Fungsi utama sofware adalah sebagai:

  • Software selalu beraktivitas bersama dengan hardware karena peran software adalah mengatur hardware komputer.
  • Software menyediakan semua sumber daya akan digunakan oleh komputer.
  • Software digunakan sebagai antar muka (user interface) yang menjadi perantara antara user dengan hardware komputer untuk melakukan aktivitas.
  • Software dapat dipakai sebagai penyambung antara beberapa software lainnya dengan hardware.
  • Disamping itu, software ini dapat juga Anda pakai dalam mengindentifikasi sebuah program dalam computer.

Kategori software ada 2 yaitu:

  • Sistem operasi (operating system).
  • Aplikasi (application software).

Software dengan kategori Aplikasi memiliki beberapa jenis, yaitu:

  • Bahasa pemrograman (programming language).
  • Program aplikasi (application program).
  • Program utilitas (utility program).

Detail dari kategori software aplikasi akan dibahas pada materi pengantar teknologi informasi bagian 4.

Yuk baca Materi Dasar Teknik Informatika lainnya: Materi Dasar Teknik Informatika yang Wajib Dipelajari

Sistem Operasi (Operating System)

Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengurus sumber daya dari perangkat keras komputer atau hardware berupa intruksi khusus untuk bekerja sama memproses perintah user, dan menyediakan service umum bagi program aplikasi.

Pengertian sistem operasi menurut ahli

Menurut Edy Victor Haryanto (2012) dalam bukunya "Jaringan Komputer" menyatakan bahwa "Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer".

Sistem operasi dari sudut pandang pengguna

Dari sudut pandang pengguna sistem operasi adalah tools untuk mempermudah ketika menggunakan komputer dan membantu mempermudah pekerjaan, menjadi problem solving dan meningkatkan produktivitas dimanapun dan kapanpun.

Sistem operasi dari sudut pandang sistem

Sistem operasi juga merupakan manager bagi sumber day hardware dan software agar berjalan secara efisien, seperti mengatur jalannya aplikasi, input / output (I/O) atau yang sering disebut program pengendali.

Tujuan Sistem Operasi

  • Menyediakan antarmuka pengguna (user interface), yaitu berupa:
    • Melakukan perintah (command-based user interface) dalam bentuk teks.
    • Mengarahkan menu (menu driven).
    • Antarmuka unit grafik (graphical user interface - GUI).
    • Kombinasi icon dan menu untuk menerima dan melaksanakan perintah.
  • Menyediakan informasi yang berkaitan dengan hardware, yaitu berupa perangkat aktif atau pasif, dan mengendalikan perangkat I/O (Input / Output Device).
  • Melakukan tugas pengolahan dan pengendalian sumber daya dalam sebuah proses sebagai berikut:
    • Multitasking, yaitu bisa melakukan tugas secara serentak pada aplikasi yang sama / berbeda.
    • Multiprocessing, penggunaan / pemrosesan program secara serentak oleh beberapa unit CPU.
    • Timesharing, menggunakan sistem komputer yang sama pada banyak pengguna.
    • Multithreading, memproses aktivitas pada bentuk yang sama dengan multitasking tetapi pada aplikasi tunggal.
    • Scalability dan network, upaya komputer dalam mengendalikan dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan jumlah pengguna dan memperluas layanan.
  • Pengelolaan file dan direktori data, yaitu memastikan file-file dalam penyimpanan sekunder tersedia bila diperlukan, dan mengamankan dari pengguna yang tidak dibenarkan mengaksesnya.

Tiga sasaran sistem operasi

  • Kenyamanan, membuat user menjadi lebih nyaman.
  • Efisien, menjadikan penggunaan sumber daya sistemkomputer secara efisien.
  • Mampu Berevolusi, memudahkan pengembangan, Pengujian dan pengajuan fungsi2 baru tanpa menggangu layanan yang dijalankan sistem komputer.

Tipe Sistem Operasi (1)

Sistem operasi Stand-alone (Desktop)

Sistem operasi Stand-alone adalah sistem operasi lengkap yang bekerja pada Desktop komputer, netbook, dan mobile computing device. Sebagian dari tipe sistem operasi ini terkadang dikatakan sebagai sistem operasi Klien, karena sistem operasi ini bekerja dengan sistem operasi Server. Tipe sistem operasi ini dapat bekerja dengan / tanpa jaringan. Contoh : Windows 10 (2017), Mac OS Mojave (2018).

Sistem operasi Server

Sistem operasi Server adalah sistem operasi yang didesign secara eksklusif untuk mendukung sebuah jaringan. Umumnya ada terletak dan disimpan oleh server. Sehingga komputer klien yang ada di jaringan akan tergantung pada sumber daya server. Walaupun pada sistem operasi Stand-alone bisa juga dipakai untuk membuat jaringan, tapi perbedaannya adalah sistem operasi Server mempunyai kekuatan lebih untuk mendukung jaringan, terlebih bila ingin dipakai untuk mensupport semua ukuran jaringan, dan menjadi sebuah Web Server. Contoh : Windows Server 2016 (2016), Mac OS 10.13 Server 5.5 (2018).

Sistem operasi Embedded

Sistem operasi Embedded merupakan sistem operasi yang beroperasi pada kebanyakan mobile device dan peralatan elektronik. Contoh : iPhone OS, Android, Windows Phone, dll.

Tipe Sistem Operasi (2)

Sistem Operasi DOS

Sistem operasi DOS ialah sistem operasi yang memakai perintah berbasiskan teks atau Command Prompt. DOS atau Disk Operating Sistem, sekarang istilah tersebut identik dengan tiap sistem operasi yang perangkat penyimpanannya memakai Disk. Berikut turunan atau keluarga dari sistem operasi DOS diantaranya : MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), IBM PC-DOS, DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), Caldera DOS, FreeDOS, dan lain-lain.

Sistem Operasi Windows

Merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft Corporation dan menggunakan GUI (Graphical Pemakai Interface) sebagai antar-mukanya (interface). Sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan dari MS DOS.

MS Dos adalah sistem operasi berbasis perintah teks atau command line. Salah satunya alasan mengapa Microsoft membuat sistem operasi dengan GUI ialah ingin berkompetisi dengan Apple Macintosh yang merupaka sistem operasi pertama yang memakai GUI sebagai interfacenya dan merupakan sistem operasi paling laku dipasaran.

Sistem Operasi Linux

Sistem operasi UNIX diawali oleh AT&T Bell Labs di akhir tahun 1960-an. AT&T Bell Labs berusaha membuat sistem operasi yang multi-tasking dan multiuser. Ide UNIX merupakan hasil pengembangan sistem operasi awalnya yaitu MULTICS (Multiplexed Information and Computing Servis) sebuah project mekanisme operasi yang multiuser.

UNIX memiliki perkembangan yang pesat, bahkan dipakai di luar Bell Labs dan digunakan untuk pemakaian lain, seperti pemakaian oleh dunia akademik, hinga pemakaian komersil. UNIX ini juga mengalami perkembangan yang fantastis dari dunia akademik, persisnya di University of California, Berkeley sebagai pusat perubahannya. UNIX di Berkeley, dikembangkan hingga melahirkan sebuah software UNIX baru, dengan nama Berkeley Software Distribution (BSD).

Sistem Operasi Mac OS

Mac OS adalah satu diantara sistem operasi pertama yang memakai GUI (Graphical User Interface). Mac OS dibuat, dibesarkan dan dipasarkan oleh industri Apple Inc. Pada januari 1984 Apple meperkenalkan produknya yang dinamakan Macintosh (Mac).

Klasifikasi Perangkat Lunak (software / Aplikasi)

Berdasarkan cara mendapatkan dan hak pemakaiannnya, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi:

Aplikasi Komersial

Biasa disebutkan sebagai proprietary software. Merupakan software yang dipasarkan secara komersil. Tiap orang yang berniat menggunakan harus membeli license, dan apabila tidak membeli license dapat dipastikan pengguna tersebut melakukan tindakan pembajakan perangkat lunak.

Apakah bisa dikenakan sanksi pidana? Bisa. Jika tebukti membajak pengguna bisa dikenakan ancaman hukum karena ada hak cipta (copyright). Software ini dibarengi lisensi yang melarang pengguna mengcopy perangkat lunak untuk diberikan kepada seseorang atau untuk dipasarkan kembali. Contoh perangkat lunak komersil ialah Microsoft Office dan CorelDraw.

Aplikasi Rentalware

Merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara menyewa. Penyewaan biasanya dilakukan pertahun.

Aplikasi Public-Domain

Merupakan perangkat lunak yang tidak memiliki hak cipta dan memungkinkannya pengguna atau komunitas melakukan perubahan pada program itu. Termasuk membuang nama pembuatnya dan memperlakukannya sebagai kreasi ciptanya sendiri dengan mengurus hak cipta dari pengembangan terbaru. perangkat lunak semacam ini biasanya berbentuk kode dan sumbernya banyak ditemui di internet.

Yuk baca Materi Pengantar Teknologi Informasi: (Komputer Hardware)

Aplikasi Freeware

Perangkat lunak jenis ini tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapapun tanpa perlu membayar. Alasan pembuatan freeware adalah:

  • Penarik pemakai untuk membeli versi lanjut (dengan fitur yang lebih lengkap) bersifat komersial.
  • Pembuat menginginkan tanggapan sehingga ia dapat mengembangkan ke versi lebih bagus.
  • Pembuat ingin menyebarluaskan karyanya supaya ia menjadi terkenal.
  • Pembuat ingin membantu pemakai dalam melaksanakan tugas tertentu tanpa perlu membeli yang komersiat.

Aplikasi Shareware

Merupakan perangkat lunak yang dipublish tanpa kode sumber dan umumnya dipakai oleh pengguna dengan tujuan untuk dipelajari selama saat tertentu tanpa membayar. Apabila setelah periode tersebut berakhir, penggunaan software selanjutnya harus membayar ke pembuat (pemegang hak cipta) software. Tujuan perangkat lunak shareware adalah untuk memperoleh kontribusi dana dari pengguna yang akan digunakan untuk mengembangkan aplikasi ke tingkat yang lebih baru.

Free Software

Richard Stallman pendiri (Pendiri Free Software Foundation) merupakan tokoh yang mengemukakan konsep ini. Tujuannya untuk menyatakan kebebasan penggunaan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumbernya. Siapapun bisa memakai program itu dan dijinkan untuk turut serta dalam mengembangkannya. Disebutkan free software bila:

  • Pemakai memilki kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja.
  • Pemakai memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena itu kode sumber harus tersedia. 
  • Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinan program, baik secara gratis maupun dengan bayaran.
  • Pemakai memiliki kebebasan untuk mendistribusikan versi-versi program yang telah dimodifikasi sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan tersebut.

Open source

Istilah ini disampaikan oleh Eric Raymond (1998) dan ditujukan untuk menghilangkan arti free pada free software yang problematis. Mengapa? karena dalam Bahasa Inggris kata itu mempunyai makna ganda, misalnya gratis dan bebas. Pada prinsipnya, program yang termasuk sebagai free software juga memenuhi persyaratan dalam kategori open source. Apa saja hak-hak yang ada pada open source, berikut:

  • Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut.
  • Hak untuk megakses kode sumber sebagai syarat untuk bisa melakukan modifikasi.
  • Hak untuk melakukan pengembangan terhadap program.

Penutup

Terima kasih telah membaca materi kuliah pengantar teknologi informasi semester 1 sampai selesai, semoga Anda materi kali ini tentang Pengantar Teknologi Informasi (Perangkat Lunak Sistem Operasi) dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Sumber

  • https://www.slideshare.net/achieasik89/pengantar-teknik-informatika-3
  • http://rizkimuliono.blog.uma.ac.id/pti/