Jurusan, Fasilitas dan Biaya kuliah University of the Thai Chamber of Commerce

Pemudapembelajar.com - Sebagai universitas swasta tertua di Thailand, University of the Thai Chamber of Commerce (UTCC) memiliki pengalaman pendidikan selama 60 tahun yang menjadi lingkungan yang sangat mendukung bagi mahasiswa dan fakultas untuk mengembangkan potensi dan mencapai keunggulan akademik. Program Internasional bertujuan untuk memberikan pendidikan bisnis kelas dunia berkualitas tinggi kepada mahasiswa pada tingkat sarjana dan pascasarjana. Saat ini, mahasiswa dari lebih dari 40+ negara belajar di UTCC - Program Internasional, menjadikan lingkungan universitas yang multikultural dan sangat beragam.

Biaya kuliah University of the Thai Chamber of Commerce
Biaya kuliah University of the Thai Chamber of Commerce

Serba serbi University of the Thai Chamber of Commerce (UTCC)

Daftar Isi

  1. Sejarah dan Perkembangan
  2. Jurusan UTCC International School of Management
  3. Fasilitas dan Layanan Sekitar UTCC
  4. Estimasi Biaya yang dikeluarkan selama 4 Th

Sejarah dan Perkembangan

University of the Thai Chamber of Commerce (UTCC) didirikan pada tahun 1940 sebagai "Trade College" dengan 300 mahasiswa. Pada tahun 1965, namanya diubah menjadi College of Commerce yang menawarkan program 3 tahun dalam Bisnis Internasional, Pemasaran, Akuntansi, Keuangan dan Ekonomi. Pada tahun 1971, UTCC memulai program gelar sarjana selama 4 tahun dan pada tahun 1974 pindah ke lokasi saat ini di 126/1 Vibhavadi Rangsit Road, Din Daeng, Bangkok, dan pada tahun 1984, UTCC mendapat status universitas dan namanya berubah menjadi "University of the Thai Chamber of Commerce (UTCC)".

UTCC adalah institusi pendidikan tinggi swasta nirlaba yang fokus pada keunggulan akademik di bidang bisnis, perdagangan, dan industri jasa. Universitas ini juga merupakan sumber utama pengetahuan dan penelitian tentang ekonomi dan bisnis di negara ini. UTCC memiliki 15 fakultas akademik, dan menyediakan program akademik pada tingkat Sarjana, Magister, dan Doktoral, termasuk program online dan internasional. Selain itu, UTCC juga merupakan universitas pertama di Thailand yang menyediakan program internasional. Hingga tahun 2020, UTCC menawarkan 66 program Sarjana, 32 program Magister, dan 7 program Doktoral.

Jurusan UTCC International School of Management

1. Bachelor of Business Administration - Manajemen Bisnis Internasional (IBM)

Bachelor of Business Administration (BBA) dalam Manajemen Bisnis Internasional memberikan para mahasiswa:

  • Pengetahuan dan keterampilan mendalam di bidang administrasi bisnis, dengan fokus pada mata kuliah elektif mayor yang dipilih.
  • Kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah kompleks.
  • Kemampuan untuk menggunakan konsep bisnis praktis yang dapat diterapkan secara efektif dalam lingkungan bisnis internasional

Seiring dengan meningkatnya permintaan terhadap tenaga profesional bisnis internasional yang terlatih dan berkualitas, program ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan tersebut dan memberikan peluang berharga untuk melanjutkan studi pascasarjana.

2. Program Sarjana Akuntansi

Fakultas Akuntansi di UTCC menawarkan program Sarjana Akuntansi (4 tahun). Semua mata kuliah yang ditawarkan dalam program Sarjana Akuntansi (B.Acc) diajarkan dalam bahasa Inggris oleh fakultas yang terakreditasi secara internasional. Program Sarjana Akuntansi bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan akuntansi dan audit yang diperlukan untuk memasuki profesi yang dipilih.

Kerjasama yang erat antara UTCC dengan beberapa perusahaan Thailand memberikan keistimewaan untuk menjamin penempatan magang yang sesuai bagi mahasiswa. Melalui pengalaman magang ini, mahasiswa akan belajar bagaimana menerapkan teori kelas mereka ke situasi bisnis di dunia nyata.

Sebagai hasilnya, mahasiswa dalam program ini menjadi lebih berpengalaman dan siap memasuki bisnis di tingkat internasional, terutama di lingkungan yang kompetitif dan selalu berubah.

3. Sarjana Seni dalam Bahasa Inggris Bisnis

Fakultas Humaniora di UTCC menawarkan program Sarjana Seni (BA) dalam Bahasa Inggris Bisnis (program gelar 4 tahun) bagi semua mahasiswa Thailand dan internasional. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan dalam Bahasa Inggris Bisnis dengan kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang sangat baik dan latar belakang yang kuat dalam bisnis dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan negara dan dunia.

Mahasiswa lulusan program BA telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan bisnis internasional yang kuat, analitis, strategis, dan operasional dalam lingkungan antarbudaya dan kewirausahaan. Selain itu mahasiswa juga dilatih untuk memenuhi kebutuhan komunikasi bisnis global dan keterampilan berpikir yang penting untuk operasi bisnis yang efektif, dengan integritas moral dan standar etika yang tinggi siap untuk mengambil tanggung jawab sosial.

Fasilitas dan Layanan Sekitar UTCC

1. Gedung kampus

UTCC memiliki total 25 bangunan. Kamu bisa menemukan peta lengkap melalui tautan ini. Ruangan kelas diberi nomor berdasarkan ruangan dan bangunan, misalnya Ruang 23204: yang berada di Bangunan 23, lantai 2, ruang no. 04 atau Ruang 71010: Bangunan 7, lantai 10, ruang no. 10. Berikut adalah layanan dan fasilitas yang disediakan di kampus:

  • Kantor Keuangan dan Registrar (Lantai 2, Bangunan 1).
  • Klinik Perawat (Bangunan 22) (Dokter dari Rumah Sakit Phayathai tersedia setiap hari dari jam 1:30 siang hingga 4:30 sore).
  • Laboratorium Komputer dan Pusat Dukungan TI (Lantai 4, Bangunan 7) (Senin - Jumat).
  • Pusat Kebugaran (di depan Universitas) (Buka setiap hari).
  • Lapangan olahraga (Pintu masuk belakang).
  • Ruang Kerja Bersama (Lantai 1, Bangunan 10).
  • Pusat IDE (Lantai dasar, Bangunan 1) (Senin hingga Minggu).
  • Ruang Istirahat Mahasiswa ISM (Lantai 1, Bangunan 21) (Senin - Jumat).
  • Perpustakaan di Bangunan 24 (Senin - Jumat).
    • Lantai 5 (Ruang Netflix).
    • Lantai 6 (Ruang Kerja Bersama)
      Area Baca - 08.00 pagi - 07.45 malam.
    • Lantai 7 (Buku) (Senin hingga Minggu)
      Area Baca - 08.00 pagi - 07.45 malam.

2. Perkiraan Biaya Hidup

  • Biaya hidup diperkirakan sebesar 8.000 Baht untuk makanan dan biaya lainnya.
  • Buku teks diperkirakan akan menghabiskan biaya sekitar 3.000 Baht per semester.

3. Informasi Akomodasi

UTCC dikelilingi oleh berbagai pilihan akomodasi di sekitar kampus UTCC yang telah diverifikasi oleh Tim Layanan Mahasiswa kami. Daftar lengkap disediakan oleh Tim Layanan Mahasiswa, yang terletak di Lantai 2 dan Student Lounge di Gedung 21, Sekolah Manajemen Internasional. Sewa Asrama: mulai dari 2.500 (kelas A) hingga 15.000 (kelas C) Baht Thailand/bulan (tidak termasuk tarif listrik dan air).

  • Kisaran harga Kelas A - 2500 THB - 4500 THB.
  • Kisaran harga Kelas B - 4500 THB - 6500 THB.
  • Kisaran harga Kelas C - 6500 THB - 15,000 THB ++.

4. Transportasi ke UTCC

Berikut adalah beberapa pilihan transportasi untuk menuju ke kampus UTCC:

  • MRT (Transportasi bawah tanah): Stasiun MRT terdekat adalah Stasiun Huai Khwang.
  • BTS (Sky Train): Stasiun BTS terdekat adalah Monumen Kemenangan atau Stasiun Saphan Khwai.
  • Taksi: Taksi dengan argo atau melalui aplikasi.
  • Grab Motor taxi: Biaya 20 THB dari Stasiun MRT Huai Khwang ke Kampus UTCC.

5. Asuransi

Setiap mahasiswa UTCC ISM akan diberikan Kartu Asuransi Muang Thai Life. Pembayaran asuransi dilakukan setiap tahun, dan kartu harus diperbaharui untuk memastikan perlindungan terus berlanjut. Jika terjadi sakit atau kecelakaan, pastikan membawa kartu asuransi untuk mendapatkan diskon di rumah sakit.

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 University of the Thai Chamber of Commerce

Estimasi Biaya yang dikeluarkan selama 4 Th

Program sarjana selama 4 tahun di UTCC Single Degree Program diperkirakan akan memakan biaya sekitar 690.000 THB hingga 780.000 THB. Jika dikonversi ke dalam rupiah dengan kurs 1 THB = 438 Rupiah (data April 2023), maka biaya tersebut sekitar 310.000.000 hingga 342.000.000 rupiah. Ini adalah rincian biayanya:

  • Biaya Kuliah: 653.000 THB.
  • Akomodasi (di sekitar kampus): 
    • Pilihan 1: 2.500 THB - 4.500 THB.
    • Pilihan 2: 4.500 THB - 6.500 THB.
    •  Pilihan 3: 6.500 THB - 15.000 THB.
  • Transportasi: 1.200 THB
  • Fasilitas dasar (listrik, Wi-Fi, telepon genggam): 3.500 THB
  • Hiburan: 3.500 THB
  • Buku-buku teks selama 4 Tahun: 24.000 THB
  • Biaya pendaftaran: 500 THB

Harap dicatat bahwa biaya-biaya tersebut bersifat perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Penutup

Dengan mengetahui perkiraan biaya kuliah University of the Thai Chamber of Commerce, diharapkan Anda dapat lebih siap dan terencana dalam merencanakan kuliah di universitas tersebut. Selain itu, jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai universitas ini dan mempertimbangkan opsi beasiswa yang tersedia. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan pendidikan yang tepat!

  • International School of Management: https://ism.utcc.ac.th/admission
  • Referensi Akomodasi: https://drive.google.com/drive/folders/1YIyRHdL4yC12L3LsTj4U_AMDxbnmu5N9

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال