Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Mata Kuliah Sastra Indonesia, Apa Saja?

Pemudapembelajar.com - Anda seorang pecinta karya sastra? Jurusan Sastra Indonesia mungkin cocok untuk Anda. Sastra Indonesia adalah salah satu jurusan berada di rumpun sosial humaniora. Apa yang dipelajari di jurusan bahasa dan sastra indonesia cukup banyak terutama hal - hal tentang karya sastra, baik itu dari segi ilmu bahasa ataupun sejarahnya. Inilah daftar mata kuliah sastra indonesia yang akan Anda pelajari jika Anda berminat menjadi mahasiswa jurusan sastra indonesia.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengenyam pendidikan di jurusan Sastra Indonesia, sebelumnya Anda harus mengenal seluk beluk jurusan ini terlebih dahulu. Salah satu informasi yang dapat Anda gali adalah mengenai mata kuliah yang terdapat pada kurikulum perkuliahan.

Mata kuliah sastra Indonesia
Mata kuliah sastra Indonesia

Mata Kuliah yang ada di Sastra Indonesia

Mata kuliah Sastra Indonesia meliputi banyak materi. Bahkan, bisa dibilang mata kuliah pada jurusan ini cukup kompleks. Ingin tahu mata kuliah apa saja yang ada di jurusan ini? Simak penjelasan dari artikel berikut ini.

Baca juga: Cara Kuliah di Malaysia Gratis dengan Beasiswa dari Pemerintah

Daftar Isi

  1. Kebudayaan Indonesia
  2. Pengantar Filsafat
  3. Linguistik Umum
  4. Apresiasi Sastra
  5. Penyuntingan
  6. Teori Sastra
  7. Kritik Sastra

1. Kebudayaan Indonesia

Mata kuliah Kebudayaan Indonesia adalah salah satu mata kuliah pengantar yang biasa ada di jurusan Sastra Indonesia. Mata kuliah ini mempelajari tentang kebudayaan Indonesia, baik kebudayaan tradisional maupun kontemporer. Karena sastra tidak bisa dipisahkan dengan kebudayaan, maka mata kuliah ini penting untuk dipahami sebagai dasar untuk mempelajari sastra.

2. Pengantar Filsafat

Seperti yang diketahui, filsafat adalah induk dari banyak ilmu pengetahuan, termasuk salah satunya bagi Sastra Indonesia. Mata kuliah ini juga menjadi pedoman dan pijakan bagi mahasiswa yang ada di jurusan Sastra Indonesia dalam berpikir dan memahami kesusastraan.

3. Linguistik Umum

Salah satu mata kuliah Sastra Indonesia yang bersifat teoritis adalah linguistic umum. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswanya memahami tentang pengertian dan ruang lingkup linguistik, pembidangan linguistik, sejarah aliran linguistik, objek linguistik, serta konsep-konsep linguistik, seperti fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik.

Yuk baca juga: Materi Dasar Teknik Informatika yang Wajib Dipelajari

4. Apresiasi Sastra

Apresiasi sastra adalah salah satu mata kuliah yang wajib ada di jurusan Sastra Indonesia. Seperti namanya, mata kuliah ini banyak membahas tentang kesusastraan. Materi yang dipelajari dalam mata kuliah ini mulai dari memahami proses terciptanya sebuah karya sastra, jenis karya sastra dan hakikatnya, teknik dalam pembuatan karya sastra, hingga apresiasi realitas terhadap karya sastra.

5. Penyuntingan

Penyuntingan adalah salah satu mata kuliah Sastra Indonesia yang menjadi bahan wajib untuk diajarkan. Dalam mata kuliah ini, para mahasiswa dituntut untuk dapat memiliki pengetahuan seputar penyuntingan serta mampu melakukannya berdasarkan pengetahuannya tersebut. Mahasiswa akan diajarkan berbagai macam materi untuk mendukung kegiatan praktik penyuntingan bahasa, baik dari segi ejaan, kata, diksi, frasa, kalimat, paragraph, ataupun wacana.

6. Teori Sastra

Mata kuliah Sastra Indonesia lainnya yang wajib dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini adalah teori sastra. Teori sastra penting untuk dipahami karena berhubungan erat dengan kegiatan penelitian. Dalam mata kuliah ini, Anda akan mempelajari tentang prinsip karya sastra, hukum karya sastra, kategori karya sastra, serta kriteria karya sastra yang membedakannya dengan karya bukan sastra.

Baca juga: Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

7. Kritik Sastra

Memberikan kritik pada suatu karya sastra dikenal sebagai tataran tertinggi dari tahapan dalam memahami sebuah karya. Kritik sastra adalah kegiatan dimana seseorang memberikan penilaian tentang baik buruknya suatu karya sastra. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan masukan atau saran kepada para sastrawan. Tak hanya itu, kritikan yang diberikan ini dapat menjadi bahan untuk menyusun teori sastra.

Penutup

Itulah beberapa mata kuliah Sastra Indonesia yang biasanya wajib ada di jurusan ini. Mata kuliah yang dimiliki oleh jurusan ini cukup kompleks dan beragam. Apabila Anda adalah penikmat karya sastra, maka mata kuliah di jurusan Sastra Indonesia pasti akan terlihat sangat menyenangkan. Jadi, apakah Anda ingin berminat dengan mata kuliah – mata kuliah ini?