Ini Dia Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

Pemudapembelajar.com - Salah satu fakultas yang menjadi pilihan favorit murid-murid kelas XII adalah Fakultas Teknik Sipil. Jurusan kuliah Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan yang keren, dimana cakupan bidang keilmuan ini sangat luas dan peluang kerja sedang banyak dibutuhkan dimana negara kita Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan sehingga lowongan pekerjaan Teknik Sipil banyak tersedia di platform pekerjaan andalan Anda. Nah jika Anda adalah salah satu yang tertarik untuk masuk jurusan ini Anda bisa mempertimbangkan 5 Universitas jurusan Teknik Sipil berikut ini.

Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia
Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

Apakah lulusan teknik sipil bisa jadi PNS? Yap, peluang kesempatan kerja teknik sipil pada PNS sangat besar. Tentunya keberhasilan masuk PNS tergantung seberapa serius Anda menyiapkan dan memperjuangkannya, dari sekian banyak faktor, almamater Anda merupakan salah satunya. Inilah 5 universitas jurusan Teknik Sipil yang akan dibahas sesi kali ini berasal dari PTN paling bergengsi di Indonesia. Sudah bisa dipastikan beberapa universitas jurusan teknik sipil akreditasi A. Ulasan lengkapnya silahkan disimak ya. #pmbpbj

5 Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia

Universitas apa saja yg ada Jurusan Teknik Sipil? Berikut universitas jurusan teknik sipil yang bisa Anda pertimbangakan!

Daftar Isi

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  2. Universitas Indonesia (UI), Depok
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  5. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Yuk baca juga: Materi Dasar Teknik Informatika yang Wajib Dipelajari

1. Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung

Tidak hanya menjadi kampus dengan prodi Teknik Sipil paling tua di Indonesia, ternyata ITB juga merupakan salah satu universitas terbaik di Tanah Air lho. Prodi Teknik Sipil di ITB telah didirikan sejak 3 Juli 1920 dan sempat digabungkan dengan Fakultas Teknik Sipil UI pasca Proklamasi Kemerdekaan.

ITB sendiri merupakan universitas dengan jurusan Teknik Sipil yang mendapatkan perinkat akreditasi A (Unggul) sumber BAN-PT. 

  • Prodi S1 Teknik Sipil ITB tercatat memiliki akreditasi Unggul dengan nomor 4320/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/VII/2020 dan akan kadaluarsa tanggal 2023-09-30. 
  • Sedangkan Prodi S2 Teknik Sipil ITB memiliki akreditasi Unggul dengan nomor 11364/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/X/2021 dan akan kadaluarsa pada tanggal 2026-06-11. 
  • Selanjutnya untuk progam S3 ITB jurusan Teknik Sipil memiliki akreditasi Unggul dengan nomor 11360/SK/BAN-PT/AK-ISK/D/X/2021 dan akan kadaluarsa pada tanggal 2024-05-07. #infopmd

Apa yang harus dikuasai dalam teknik sipil? Nah, di Prodi Teknik Sipil ITB, Anda bisa menemukan 5 area pembelajaran: yaitu Construction Engineering and Management, Geotechnical Engineering, Structural Engineering, Transportation Engineering, dan Water Resources Engineering.

2. Universitas Indonesia (UI), Depok

Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia
Universitas jurusan Teknik Sipil pembangun bangsa

Universitas Jurusan Teknik Sipil UI merupakan salah satu bagian dari Fakultas Teknik. Di sini, Anda bisa menemukan 6 peminatan yang bisa Anda pilih. Keenam bidang peminatan tersebut diantaranya adalah Geoteknik, Lingkungan, Manajemen Konstruksi, Manajemen Sumber Daya Air, Struktur, serta Transportasi.

  • Peringkat akreditasi BAN-PT Prodi Teknik Sipil S1 UI adalah Unggul dengan nomor 12156/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2021 dan masa berlaku hingga 2026-11-02. 
  • Lalu untuk program pendidikan S2 Teknik Sipil UI memiliki peringkat akreditasi A dengan nomor 1435/SK/BAN-PT/Akred/M/V/2017 dan berlaku hingga 2022-05-16. 
  • Sedangkan Program belajar S3 Teknik Sipil UI memiliki perinkat akreditasi Unggul dengan nomor 10827/SK/BAN-PT/AK-ISK/D/IX/2021 dan masa berlaku hingga tanggal 2023-07-24.

Menariknya pula, Anda bisa memilih program Fast Track di Jurusan Teknik Sipil UI lho! Melalui program ini, Anda bisa menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 secara langsung hanya dalam 5 tahun saja! #infojurusanpmb

Yuk baca juga: Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

3. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta

Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia
Universitas jurusan Teknik Sipil sebagai arsitek

Pada mulanya, Teknik Sipil merupakan jurusan di UGM yang lahir berbarengan dengan Fakultas Teknik lho. Hanya saja, nama Jurusan Teknik Sipil selanjutnya diperbaharui dan diresmikan pada tahun 2006 sebagai Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan.

Namun, terlepas dari perubahan nama tersebut, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan juga masih masuk di dalam bagian Fakultas Teknik di UGM. Apabila Anda memang berminat ingin berkuliah di Yogyakarta, tentu UGM bisa menjadi pilihan yang pas untuk Anda. Mengapa begitu? Hal ini karena UGM bukan hanya universitas Teknik Sipil terbaik namun juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Program studi jurusan Teknik Sipil UGM terbilang lengkap, mulai dari D-III, D-IV (Teknik Pengelolaan Dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil), S1, S2 (Magister Teknik Sipil), dan S3 (Doktor Teknik Sipil) dan memiliki beberapa varian peringkat akreditasi. Namun tetap sekelas universitas UGM sudah bisa dipastikan memiliki peringkat akreditasi rata-rata A.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

Prodi Teknik Sipil ITS sebenarnya merupakan bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan sejak tahun 1983. Nah, sebelumnya, prodi ini merupakan fakultas tersendiri. Teknik Sipil harus pintar apa? Dengan Anda menempuh studi di Prodi Teknik Sipil ITS, Anda bisa menikmati kesempatan untuk memilih dari 6 kelompok peminatan yang ada di prodi ini.

Keenam kelompok peminatan tersebut diantaranya adalah adalah Geoteknik, Manajemen Aset (kerjasama khusus dengan Kementerian Pekerjaan Umum), Manajemen dan Rekayasa Sumber Air (MRSA), Manajemen dan Rekayasa Transportasi (MRT), serta Manajemen Proyek Konstruksi, dan Struktur. #infopemudapbj

Jurusan Teknik Sipil ITS juga memiliki program studi yang lengkap dari program D-III hingga S3. Peringkat akreditasi BAN-PT jurusan Teknik Sipil ITS untuk program D-IV memang masih B dengan nomor 4489/SK/BAN-PT/Akred/ST/XI/2019. Namun hanya program studi D-IV saja yang memiliki peringkat akreditasi B, program studi lainnya dapat dipastikan memiliki peringkat akreditasi BAN-PT A, dengan masa berlaku hingga tahun 2025.

5. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Universitas Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia
Universitas jurusan Teknik Sipil rekayasa bangunan

Universitas jurusan Teknik Sipil terbaik yang terakhir adalah Undip. Jurusan Teknik Sipil Undip didirikan di tahun 1958 yang mana untuk memenuhi kebutuhan akan ahli teknik sipil di Semarang. Seiring dengan berjalannya waktu hingga Undip saat ini telah menjadi salah satu universitas teknik sipil terbaik di Tanah Air.

Untuk detail akreditasi jurusan Teknik Sipil Undip sebagai berikut:

  • Prodi Teknik Sipil S3 
Memiliki akreditasi A dengan nomor 5052/SK/BAN-PT/Akred/D/IX/2020 yang terbit tahun 2020 dan masa berlaku hingga 2025-09-01
  • Progam Teknik Sipil S2 
Memiliki peringkat akreditasi B dengan nomor 2316/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/IV/2021, tahun SK 2021 dan masa berlaku hingga 2026-04-22
  • Program Teknik Sipil S1 
Peringkat akreditasi Unggul dengan nomo SK 11374/SK/BAN-PT/Akred-Itnl/S/X/2021, terbit tahun 2021 dan masa berlaku hingga 2024-06-30 #infopmbpembelajar
  • Program Teknik Infrastruktur Sipil Dan Perancangan Arsitektur D-IV 
Akreditasi Baik, dengan nomor 11501/SK/BAN-PT/Ak-PKP/ST/X/2021 yang terbit pada tahun 2021, dan kadaluarsa di 2026-10-12
  • Program Teknik Sipil D-III 
Memiliki akreditasi B dengan nomor 2184/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VIII/2018, terbit tahun 2018, masa berlaku hingga 2023-08-08

Baca juga: Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Penutup

Nah itulah universitas dengan jurusan Teknik Sipil terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk berkuliah di sana. Lakukan analisa mendalam untuk referensi pelajaran Teknik Sipil yang sudah dipaparkan diatas. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang minat masuk ke jurusan teknik sipil PTN, sebaiknya melakukan validasi sendiri untuk teknik sipil akreditasi A, ada kemungkinan saat anda membuka artikel ini informasi akreditasinya sudah tidak valid. Jadi apakah Anda sudah memutuskan akan masuk universitas yang mana?

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

2 Komentar

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال