Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Kenali Negara-Negara Tujuan Beasiswa Keagamaan di Timur Tengah, Beserta Sejumlah Persyaratannya!

Pemudapembelajar.com - Mendalami ilmu agama merupakan hal yang wajib bagi setiap muslim. Apalagi jika mendalami ilmu keagamaan ini disertai dengan melanjutkan kuliah di negara-negara Timur Tengah, yang notabene sebagai negara-negara pencetak ulama-ulama terbaik. Pastinya akan sangat menyenangkan, bukan? Nah, sebagai rekomendasi bagi Anda, khususnya yang memiliki mimpi untuk mengikuti beasiswa keagamaan di Timur Tengah atau mungkin beasiswa diktis. kemenag, ada baiknya Anda membaca artikel ini untuk mengetahui syarat beasiswa timur tengah.

Karena selain akan dijelaskan mengenai negara mana saja, yang menjadi tujuan beasiswa keagamaan. Anda juga akan diberi penjelasan mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon peraih beasiswa untuk jalur ini. Makin penasaran, dengan beasiswa untuk jalur keagamaan di beberapa negara Timur Tengah ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Negara-Negara Tujuan Beasiswa Keagamaan di Timur Tengah

Negara-Negara Yang Menjadi Tujuan Beasiswa Keagamaan Di Timur Tengah

Jika sebelum-sebelumnya, negara yang menjadi tujuan beasiswa keagamaan di Timur Tengah ini, salah satunya adalah Yaman dan juga Syria. Namun untuk tahun ini, kedua negara di Timur Tengah tersebut, dicoret sementara dari daftar negara tujuan beasiswa keagamaan ini, dikarenakan faktor keamanan.

Karena seperti diketahui, kedua negara tersebut kini tengah menghadapi konflik keamanan di negara masing-masing. Namun jangan khawatir, meskipun kedua negara tersebut tidak lagi ada dalam daftar tujuan dari beasiswa keagamaan Anda masih bisa memilih negara-negara berikut ini, sebagai tujuan Anda melanjutkan pendidikan. Khususnya di bidang keagamaan ini.

Negara-negara tersebut, diantaranya:

Daftar Isi

  1. Mesir
  2. Sudan
  3. Maroko

1. Mesir

Negara yang berada di kawasan benua Afrika ini merupakan negara tujuan beasiswa keagamaan di Timur Tengah, dengan jumlah peminat yang lumayan besar dalam setiap tahunnya. Salah satunya yaitu Universitas Al-Azhar, yang memberikan kuota sebanyak 30 orang, untuk jalur beasiswa keagamaan yang diberikan oleh kedubes Mesir. Sementara yang diberikan oleh Kementerian Agama, yaitu sekitar 20 orang.

Beasiswa Keagamaan di Timur Tengah

2. Sudan

Sudan menjadi negara Timur Tengah kedua yang menjadi tujuan dari beasiswa keagamaan. Universitas Sudan merupakan satu-satunya universitas di Sudan yang memberikan kuota beasiswa keagamaan di Timur Tengah, sebanyak 50 orang. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa RI, melalui Kementerian Keagamaan.

Yuk baca juga: Informasi beasiswa lengkap S1

3. Maroko

Negara lainnya yang sering dijadikan tujuan beasiswa keagamaan di Timur Tengah adalah Maroko. Sebagai peraih beasiswa keagamaan di negara ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, sekaligus mendalami ilmu agama, di salah satu universitas terbaik di negara ini. Salah satunya yaitu Universitas Maroko, dengan kuota sebanyak 15 orang, yang diberikan melalui Kementerian Keagamaan RI.

Beasiswa Keagamaan Di Timur Tengah Dan Sejumlah Persyaratan Yang Wajib Dipenuhi

Beasiswa Keagamaan Di Timur Tengah

Bisa dibilang, mendapatkan beasiswa di Timur Tengah, bisa dikatakan lebih mudah, jika dibandingkan dengan mengikuti seleksi penerima beasiswa di negara-negara lainnya. Khususnya di negara-negara yang ada di benua Eropa, dan juga di benua Amerika. Anda hanya perlu memenuhi persyaratan, seperti kemampuan berbahasa Arab saja.

Namun benarkah demikian? Ternyata, tidak demikian adanya. Baik itu dalam mengikuti seleksi beasiswa di negara-negara Timur Tengah, maupun yang lainnya, Anda dituntut untuk melengkapi sejumlah persyaratan-persyaratan. Barulah kemudian, Anda akan diikutsertakan untuk mengikuti seleksi beasiswa keagamaan timur tengah ini, yang terdiri dari beberapa tahapan.

Untuk lebih jelasnya mengenai sejumlah persyaratan ini, diantaranya:

  • Merupakan lulusan Madrasah Aliyah/SLTA/sederajat, dengan memiliki ijazah tak lebih dari 3 tahun.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Arab, bisa membaca alquran dengan fasih, serta hafal al quran, minimal 2 juz.
  • Melakukan pendaftaran secara online, yang diselenggarakan oleh Kementerian Keagamaan RI.
  • Memiliki laptop pribadi yang nantinya akan digunakan pada tahapan seleksi. Dengan spesifikasi, laptop tersebut haruslah menggunakan keyboard huruf Arab, memiliki aplikasi Google Chrome, dan dilengkapi headset

Demikian beberapa penjelasan mengenai negara-negara tujuan dari beasiswa keagamaan di Timur Tengah, berikut sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Meskipun mungkin terbilang cukup sulit, namun hal ini tidak sebanding, dengan ilmu dan pengalaman yang nantinya akan Anda dapatkan, jika lolos beasiswa yang satu ini, yang pastinya, akan sangat bermanfaat bagi karir, lingkungan sosial, bahkan untuk kehidupan Anda sendiri.