Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beberapa Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Pemudapembelajar.com - Bagi Anda yang baru lulus pendidikan jenjang sekolah menengah atas dan saat ini sedang mencari berbagai beasiswa on – going, ulasan berikut ini akan merangkum beberapa daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa dicoba. Beasiswa tersebut akan ditawarkan untuk setiap tahunnya jadi Anda bisa mencobanya kapan saja asalkan rajin untuk mencari dan membaca informasi beasiswa tersebut.

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa beasiswa untuk mahasiswa untuk sarjana strata 1 terdiri dari berbagai macam antara lain beasiswa dalam negeri dan ada juga beasiswa luar negeri. Tidak hanya itu bahkan beasiswa untuk berbagai tingkatan juga banyak sekali, namun dibutuhkan untuk usaha dalam mencarinya. Yuk simak deretan daftar beasiswa bagi mahasiswa S1 di bawah ini!

Beasiswa untuk Mahasiswa S1

Beberapa Daftar Beasiswa Untuk Mahasiswa S1

Untuk informasinya lebih jelas mengenai berbagai daftar beasiswa untuk mahasiswa S1, yuk simak beberapa deretan beasiswa mahasiswa S1 berikut ini yang bisa Anda coba!

Daftar Isi

  1. Beasiswa Bank Indonesia
  2. Djarum Beasiswa Plus
  3. Beasiswa YBM BRI (Yayasan Baitul Maal BRI)
  4. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)
  5. Beasiswa Mizan
  6. Beasiswa Cargill Global Scholars
  7. Beasiswa BCA Finance
  8. Beasiswa KPMG 4SEAS Scholarship
  9. Beasiswa CIMB Niaga Untuk Mahasiswa S1 Seluruh Indonesia
  10. Beasiswa Global UnderGraduate Exchange Program (Global Ugrad Program)
  11. Beasiswa Glints
  12. Beasiswa Bazma Pertamina (Baituzzakah Pertamina)
  13. Beasiswa Aktivis Nusantara
  14. Beasiswa Van Deventer - MAAS Indonesia (VDMI atau VDMS)
  15. Program SEA Scholarship Indonesia Untuk Mahasiswa S1
  16. Beasiswa Juara Dari Kompas Dan Avian
  17. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
  18. Beasiswa CIMB ASEAN
  19. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie
  20. Beasiswa Tokopedia
  21. Beasiswa Korean Goverment Scholarship Program (KGSP)
  22. Beasiswa Busan University of Foreign Studies

1. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa pertama yang bisa Anda coba adalah beasiswa yang ditawarkan oleh Bank Indonesia untuk jenjang sarjana mahasiswa S1 di berbagai perguruan Tinggi di Indonesia, yang memberikan berbagai fasilitas terutama tunjangan biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup bagi calon mahasiswa penerima beasiswa itu.

Program beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Bank Indonesia yang dinaungi oleh para komunitas yang nantinya akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah untuk meningkatkan kompetensi individu, karakter agar memiliki jiwa pemimpin yang mampu menjadi insan yang unggul dan mampu berdaya saing pada era globalisasi.

2. Djarum Beasiswa Plus

Selanjutnya beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa Anda coba adalah dari program Djarum Beasiswa Plus yang ditawarkan oleh Djarum Foundation bagi seorang mahasiswa ataupun mahasiswi yang berprestasi di Indonesia. Beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation berupa bantuan dana senilai Rp. 1.000.000,- setiap bulan selama 1 tahun.

Tidak hanya itu Djarum Foundation juga akan memberikan berbagai kegiatan pembekalan untuk mengembangkan soft skills. Untuk tahun 2021 beasiswa ini sudah dibuka dan kemudian akan ditutup pada tanggal 23 Mei 2021, walau sudah terlewat tapi bisa dijadikan acuan untuk pendaftaran ditahun 2022 (tetap semangat).

3. Beasiswa YBM BRI (Yayasan Baitul Maal BRI)

Lembaga Amil Zakat Nasional yang dinaungi oleh Yayasan Baitul Maal BRI atau YBM BRI dan tugas dari lembaga tersebut adalah mengelola dan menghimpun dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Beasiswa YBM BRI menyelenggarakan berbagai program yang meliputi, bidang pendidikan,bidang sosial, dan bidang ekonomi.

Salah satu program unggulan dalam bidang pendidikan yang diselenggarakan YBM BRI bernama SMART Scholarship yang berupa beasiswa untuk mahasiswa S1. SMART Scholarship akan memberikan tunjangan prestasi sebesar Rp. 500.000 per bulan selama 1 tahun, selain itu beasiswa ini juga akan memberikan peningkatan soft skill, networking dll.

Anda bisa mengikuti beasiswa ini dengan mengikuti persyaratan antara lain, merupakan mahasiswa atau mahasiswi semester 2 dari kampus atau universitas yang sudah bermitra dengan Program Beasiswa YBM BRI Smart.

Yuk baca : Cara mendapatkan beasiswa BRI

4. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Sebuah Yayasan Salemba Empat yang menawarkan Beasiswa Karya Salemba Empat atau yang biasa disebut dengan KSE, yang boleh mengikuti beasiswa untuk mahasiswa S1 tersebut dengan syarat yang telah menempuh pendidikan minimal pada semester 2.

Beasiswa KSE tersebut diberikan berupa bantuan dalam bentuk tunjangan biaya hidup senilai Rp. 750.000 setiap bulan selama 1 tahun dan bisa diperpanjang di tahun berikutnya. Tidak hanya itu yang diberikan namun beasiswa KSE juga akan mendapatkan program pembinaan seperti tatap muka, Leadership Program, Seminar, Workshop dan Coaching yang sangat bermanfaat kedepannya. Bahkan Anda bisa melanjutkan beasiswa ke luar negeri lho!

Mau dapat beasiswa ke luar negeri? Yuk cek artikel di bawah ini:

5. Beasiswa Mizan

Beasiswa Mizan adalah beasiswa yang diberikan oleh Lembaga Mizan Publisher yang secara rutin diberikan pada setiap tahunnya dengan visi untuk membantu pendanaan tugas akhir studi, berupa skripsi, tesis atau disertasi bagi mahasiswa semester akhir yang berada di Indonesia.

Dengan adanya beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Mizan diharapkan bisa mendukung semangat kreatifitas dan kualitas berkarya untuk para calon cendekia Indonesia. Anda bisa mengikuti beasiswa Mizan ini dengan syarat penelitian karya akhir harus bertemakan tentang studi keislaman, yang ditinjau dari berbagai aspeknya, ajaran, teks filsafat, sosial, politik, ekonomi, budaya, sejarah,dll.

Baca Juga :

6. Beasiswa Cargill Global Scholars

Perusahaan Cargill telah menawarkan program beasiswa untuk mahasiswa S1 secara rutin bernama Cargill Global Scholars yang merupakan program beasiswa untuk mahasiswa S1 yang dengan tingkat dua di semester 3 sampai 4 di Indonesia. Tahun 2021 pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa S1 sudah dibuka dan akan ditutup sampai dengan 4 Juni 2021.

Beasiswa untuk Mahasiswa S1

Beasiswa Cargill memberikan cakupan beasiswa meliputi bantuan dana senilai $2,500 untuk setiap tahunnya, selain itu juga bisa mengikuti seminar kepemimpinan dan mendapatkan bimbingan dari salah satu pemimpin Perusahaan Cargill. Saat ini sudah terdapat 10 perguruan tinggi yang sudah menjadi partner Beasiswa Cargill tersebut.

7. Beasiswa BCA Finance

Pihak Bank BCA (Bank Central Asia) Finance yang peduli untuk mahasiswa atau mahasiswi di seluruh tanah air dengan menawarkan Beasiswa BCA Finance yang bersifat terbuka untuk semua mahasiswa dengan jenjang Strata 1 dan Diploma 4 dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia.

Anda bisa mencoba beasiswa dari BCA Finance ini dengan syarat sedang menjalani atau telah menyelesaikan semester 2. Beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun D4 yang diberikan oleh BCA Finance akan diberikan dalam bentuk bantuan dana perkuliahan senilai uang Rp. 3.000.000 tiap semesternya. Pada umumnya pendaftaran akan dimulai pada bulan Mei sampai Juni tiap tahunnya.

8. Beasiswa KPMG 4SEAS Scholarship

Selanjutnya daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa Anda coba adalah dari Program KPMG 4SEAS Scholarship yang ditawarkan oleh KPMG yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa profesional Audit, Tax, dan Advisory. Dengan begitu maka beasiswa ini akan ditujukan secara khusus kepada mahasiswa S1 yang sedang berkuliah dalam bidang Akuntansi dan Bisnis.

Bantuan yang diberikan oleh Program Beasiswa KPMG antara lain meliputi pembiayaan uang kuliah serta bisa berkesempatan untuk magang di kantor KPMG yang berada di berbagai negara termasuk di Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Baca Juga : Beasiswa Kedokteran di Eropa

9. Beasiswa CIMB Niaga Untuk Mahasiswa S1 Seluruh Indonesia

Beasiswa untuk mahasiswa S1 selanjutnya yang bisa Anda coba adalah yang ditawarkan oleh PT. Bank CIMB Niaga Tbk. Bernama Program Beasiswa CIMB Niaga untuk mendukung impian para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Beasiswa dari CIMB Niaga yang ditawarkan dengan syarat mahasiswa S1 di semester 5 di seluruh perguruan tinggi Indonesia.

Bantuan yang diberikan oleh Beasiswa CIMB Niaga antara lain berupa biaya perkuliahan selama 4 semester, biaya pengembangan diri, serta biaya penyusunan skripsi atau penelitian bagi mahasiswa akhir semester.

10. Beasiswa Global UnderGraduate Exchange Program (Global Ugrad Program)

Sebuah Yayasan AMINEF atau American Indonesia Exchange Foundation yang menyelenggarakan program pertukaran beasiswa untuk mahasiswa S1 bernama Global Undergraduate Exchange Program atau Global UGRAD Program. Beasiswa UGRAD tersebut memperoleh pendanaan dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Beberapa jurusan yang bisa diambil antaranya seperti kesehatan kedokteran dan ilmu alam. Berbicara soal kedokteran, pastikan Anda membaca artikel:

Program beasiswa yang diselenggarakan oleh AMINEF merupakan program pertukaran mahasiswa S1 atau D4 yang bersifat beasiswa penuh atau Full Scholarship. Waktu pelaksanaan program beasiswa dari yayasan AMINEF diselenggarakan selama satu semester pada berbagai perguruan tinggi di Amerika Serikat yang telah ditentukan.

11. Beasiswa Glints

Sebuah platform bernama Glints yang berkantor pusat di Singapura ini merupakan platform rekrutmen bakat dan karir secara online yang memberikan program rutin dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia dalam mengembnagkan karir serta meningkatkan kemampuan sejak sedini mungkin.

Beasiswa untuk Mahasiswa S1

Beasiswa untuk mahasiswa S1, D4 dan D3 yang diberikan oleh Glints Scholarship tersebut bantuan yang berupa uang tunai senilai Rp. 3.000.000 kepada masing – masing penerima beasiswa tersebut. Kemudian dengan bantuan tersebut bisa digunakan untuk membayar uang kuliah , kursus, tes bahasa, dan persiapan student Exchange.

12. Beasiswa Bazma Pertamina (Baituzzakah Pertamina)

Program beasiswa untuk mahasiswa S1 selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dari Beasiswa Bazma Pertamina yang merupakan sebuah program pemberian beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi dengan semangat tinggi untuk terus tumbuh dan berkembang namun terbatas dalam hal perekonomian.

Bantuan biaya yang diberikan oleh Bazma Pertamina adalah senilai Rp.650.000 pada tiap bulannya, biaya kuliah atau SPP selama tiga tahun terakhir, program pengembangan diri, dll. Perlu Anda ketahui bahwa Beasiswa Bazma Pertamina sudah bermitra dengan 14 Perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2019 silam.

13. Beasiswa Aktivis Nusantara

Sebuah lembaga Dompet Dhuafa menawarkan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bernama Beasiswa Aktivis Nusantara atau yang disingkat dengan Bakti Nusa yang ditujukan kepada para mahasiswa atau mahasiswi S1 yang menginjak semester 7.

Program Bakti Nusa yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa tersebut merupakan program pengembangan kepemimpinan bagi para aktivis mahasiswa untuk membentuk seorang pemimpin yang berkarakter dan kompeten yang bisa berperan aktif di tengah masyarakat demi terwujudnya indonesia yang berdaya maju.

Bantuan yang diberikan oleh beasiswa aktivis nusantara antara lain berupa dana dari bantuan aktivis sebesar Rp. 800.000 per bulannya selama satu tahun, selain itu juga akan mendapatkan pelatihan bahasa inggris TOEFL/ IELTS selama satu bulan serta berbagai pelatihan dan pembinaan yang tentu akan bermanfaat untuk masa depan.

14. Beasiswa Van Deventer - MAAS Indonesia (VDMI atau VDMS)

Sebuah yayasan Van Deventer MAAS Indonesia yang disingkat dengan VDMI menawarkan sebuah program beasiswa untuk mahasiswa S1 dan D3 di Indonesia yang secara rutin ditawarkan pada setiap tahunnya. Bantuan yang diberikan pada program beasiswa VDMI tersebut berupa dana senilai Rp. 650.000 pada setiap bulannya, dengan bonus lulus tepat waktu, bonus TOEFL.

Jika Anda menerima beasiswa dari VDMI maka juga akan mendapatkan berbagai pelatihan pengembangan kapasitas pribadi atau Capacity Building. Apalagi program HDMI sudah bekerjasama dengan 34 perguruan tinggi di Indonesia, jadi saat Anda mendaftar nanti bisa memilih perguruan tinggi non partner yang bisa memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa penerima.

15. Program SEA Scholarship Indonesia Untuk Mahasiswa S1

Sebuah perusahaan digital bernama Sea Group yang terdiri dari tiga unit bisnis inti diantaranya adalah Garena, Shopee, dan juga Sea Money yang menawarkan program “Sea Scholarship Indonesia” bagi mahasiswa atau mahasiswi yang sedang berkuliah pada sebuah perguruan tinggi yang telah bermitra dengan beasiswa Sea.

Bantuan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan adalah berupa biaya pendidikan selama perkuliahan penuh hingga akhir masa kuliah, tunjangan per bulan, program magang, serta berbagai program untuk pengembangan diri. Baca Juga: Beasiswa Full Hubungan Internasional S2 di ANU Australia

16. Beasiswa Juara Dari Kompas Dan Avian

Harian kompas dengan bersama Avian Brands yang menyelenggarakan program beasiswa juara berupa beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Beasiswa Juara dari Kompas dan Avian brand memberikan pembiayaan kuliah selama 2 semester dengan total sebesar Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah).

Tidak hanya uang tunai yang bernilai besar, beasiswa ini juga akan memberikan bimbingan pengembangan potensi diri melalui pelatihan keterampilan untuk memperkaya softskill maupun hardskill yang bisa bermanfaat untuk masa depan para mahasiswa.

17. Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Pemerintah Indonesia melalui Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi) menawarkan secara rutin program beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau PPA.

Program beasiswa oleh kemenristekdikti tersebut ditawarkan kepada para mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan perkuliahan di jenjang Sarjana atau Diploma pada Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terdapat di seluruh Indonesia.

Beasiswa untuk mahasiswa S1 dan Diploma tersebut akan menerima bantuan dana sebesar Rp. 350.000 untuk setiap bulannya yang akan diberikan pada periode tahun anggaran berjalan kepada masing – masing kandidat.

18. Beasiswa CIMB ASEAN

Beasiswa untuk Mahasiswa S1

Selanjutnya Anda bisa mencoba program beasiswa untuk mahasiswa S1 pada program CIMB ASEAN Scholarship. Nah bagi Anda yang fresh graduate dari jenjang sekolah menengah atas atau kejuruan dan sederajat maka akan bisa mengambil kuliah S1 di Universitas manapun bisa di dalam maupun di luar negeri serta mahasiswa S1 yang menjalani kuliah dalam negeri pada tahun pertama atau kedua.

Bagi Anda yang merupakan mahasiswa S1 maka akan diberikan beasiswa secara penuh pada uang perkuliahan, antara lain termasuk pendaftaran, biaya kuliah atau tuition fee dan ujian, uang buku, tunjangan hidup, akomodasi, kesempatan magang, dll.

19. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Yayasan Amal Abadi merupakan sebuah yayasan yang menyelenggarakan sebuah program beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie, tujuan beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk nyata komitmen dari Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia yang memiliki potensi sangat besar, namun bagi mereka yang terkendala oleh masalah ekonomi keluarga.

Baca Juga : Beasiswa kuliah untuk Penghafal quran

20. Beasiswa Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan Tokopedia, selain mengenalnya sebagai marketplace Tokopedia merupakan perusahaan teknologi di Indonesia yang memiliki misi pemerataan ekonomi secara digital

beasiswa untuk mahasiswa S1 semester 5 yang ditawarkan oleh Tokopedia dikhususkan berasal dari jurusan atau yang berkaitan dengan Ilmu Komputer, sistem informatika, Matematika, Statistika, Teknik Komputer, Teknik Industri, atau yang relevan dengan ilmu teknologi. Baca Juga: Beasiswa untuk Jurusan Teknik Eropa

Bantuan beasiswa yang diberikan dari Tokopedia berupa cakupan biaya perkuliahan selama 2 semester, uang buku, biaya wisuda, serta uang saku selama 1 tahun senilai uang tunai Rp. 3.000.000 per bulan.

21. Beasiswa Korean Goverment Scholarship Program (KGSP)

Pemerintahan Korea Selatan kembali tawarkan Global Korea Scholarship (GKS) Program for Undergraduate Degree (dahulu dikenali dengan panggilan Beasiswa KGSP). Beasiswa ini ditawarkan untuk alumnus SMA/SMK/Sederajat yang ingin meneruskan kuliah S1 di Korea Selatan. Beasiswa S1 Korea GKS Program teratur dibuka tiap tahunnya. Bila tahun ini masih tidak dapat mendaftarkan, kamu dapat coba di tahun depannya.

Registrasi Beasiswa S1 Korea GKS Program dipisah jadi 2 lajur yakni lewat University Trek (Lajur Kampus) dan Embassy Trek (Lajur Kedutaan Besar Korea) di Jakarta dengan keseluruhan periode study 5 s/d tujuh tahun (satu tahun pelatihan bahasa Korea + 4 s/d enam tahun program kuliah S1).

22. Beasiswa Busan University of Foreign Studies

Busan University of Foreign Studies dibangun di tahun 1981 oleh almarhum Chung Tae-sung. Filosofi untuk pengajarannya ialah jika cendekiawan muda harus jadi pimpinan internasional. Kampus ini dibangun sebagai perguruan tinggi untuk belajar bahasa asing di bulan April 1982 dengan pelajar pertama kalinya belajar bahasa Inggris, Prancis, Jepang, Cina, Jerman, Indonesia, Melayu, dan Thailand. Lewat tahun 1980-an, perguruan tinggi meluaskan programnya dan pada akhirnya jadi kampus di tahun 1991. Di tahun 2009, Kampus Busan University of Foreign Studies mempunyai kesepakatan program transisi akademis dengan 94 kampus di 24 negara.

Program Beasiswa Busan University of Foreign Studies dibikin untuk memberi peluang untuk semua siswa diluar dari Korea Selatan, yang ingin meneruskan pengajaran di negara itu dengan gratis. Khususnya untuk meneruskan kuliah di Busan University.

Penutup

Itulah sederet daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa Anda coba setelah lulus dari jenjang SMA/SMK sederajat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.