Jangan Bingung Jurusan TKJ Kerja Apa, Berikut Deretan Profesi Keren Anak TKJ!

Pemudapembelajar.com - Jurusan TKJ Kerja Apa? Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) adalah salah satu jurusan keren yang ada di tingkat SMK. Jurusan ini banyak menjadi incaran para siswa karena diketahui memiliki prospek kerja yang selaras dengan kemajuan teknologi. Lowongan kerja jurusan TKJ yang sedang banyak dibutuhkan, gaji pekerjaan TKJ yang bisa dianggap berada direntang medium-high, hingga luwesnya jurusan TKJ untuk perempuan. Termasuk penulis pun lulusan TKJ di salah satu SMK ternama di Purwokerto.

Jurusan apa yang paling menjanjikan di SMK? Seperti yang diketahui, teknologi informasi kedepannya akan terus berkembang, oleh karena itu bagi Anda yang belajar teknik komputer dan jaringan akan semakin dibutuhkan di masa yang akan datang. Jadi tidak perlu khawatir jurusan TKJ SMK kerja apa. Jurusan TKJ mempelajari apa saja? Pada jurusan TKJ, Anda akan banyak diajarkan seluk beluk tentang komputer, sehingga Anda akan punya dasar ilmu komputer yang baik dan bisa dikembangkan kedalam profesi terkait komputer lainnya.

Jurusan TKJ Kerja Apa Sih?

Apabila Anda tertarik dengan bidang yang berhubungan dengan teknologi dan jaringan komputer maka jurusan ini cocok untuk Anda. Namun begitu, apakah Anda penasaran dan bingung masa depan jurusan TKJ? #infojurusanpmd. Bagaimana prospek kerja jurusan ini kedepannya? Berapa gaji pekerjaan TKJ? Nah, untuk menemukan informasi jurusan TKJ kerja apa, Anda dapat menyimaknya dalam informasi yang dipaparkan di bawah ini.

Jurusan TKJ Kerja Apa
Jurusan TKJ kerja apa? Berikut Deretan Profesi Keren Anak TKJ!

Baca juga: Cara Kuliah di Malaysia Gratis dengan Beasiswa dari Pemerintah

Daftar Isi

  1. Teknisi Komputer
  2. Teknisi Jaringan
  3. Desainer Grafis
  4. Administrasi Server
  5. Web Designer

1. Teknisi Komputer

Profesi pertama yang dapat dilakukan oleh seorang lulusan dari jurusan TKJ adalah teknisi komputer. Teknisi komputer merupakan profesi yang banyak dibutuhkan saat ini mengingat hampir semua bidang pekerjaan menggunakan alat yang bernama komputer. Profesi ini terbilang cukup cocok bagi lulusan jurusan TKJ untuk perempuan, karena pekerjaan sebagai teknisi komputer tidak seberat teknik mesin atau teknik listrik. Jadi jangan minder ya, justru malah terlihat semakin mempesona melihat perempuan jago teknis.

Tugas dari teknisi komputer adalah melakukan perawatan dan perbaikan komputer. Selain itu, teknisi komputer memiliki tugas lain yakni bertanggung jawab melaksanakan, mengelola, dan mengembangkan perangkat keras dan lunak untuk infrastruktur TIK agar layanan TIK di sebuah unit kerja tersedia dengan baik dan lancar. #jurusanpmdpbj

2. Teknisi Jaringan

Jurusan TKJ Kerja Apa
Profesi juruan TKJ sebagai teknisi jaringan

Teknisi jaringan adalah profesi kedua yang akan menjawab pertanyaan jurusan TKJ kerja apa. Tugas dan tanggung jawab dari seorang teknisi jaringan adalah memperbaiki, mengganti, ataupun meng-upgrade perangkat keras dan lunak yang ada di sebuah unit kerja. Cakupan dari jaringan atau network yang menjadi tanggung jawab teknisi jaringan, meliputi WiFi, kabel telepon, serta instalasi jaringan lainnya. Apa keuntungan mengambil jurusan TKJ dan menjadi teknisi jaringan?  Prospek profesi ini masih luas, gaji pekerjaan Teknik Komputer Jaringan yang menekuni network engineer bisa menembus 2 digit per bulan. Tergantung seberapa banyak pengalaman Anda dan sertifikasi jaringan yang Anda miliki. Menjanjikan bukan?

Baca selengkapnya: Goh Keng Swee Scholarship

3. Desainer Grafis

Saat ini dunia digital semakin berkembang dan profesi sebagai desainer grafis sangat cocok untuk Anda yang menjadi lulusan jurusan TKJ. Desainer grafis adalah profesi yang bertugas untuk membuat konten visual yang menarik untuk tujuan tertentu. Tak hanya itu, tanggung jawab seorang grafis desainer juga meliputi mengatur tampilan pada media promosi suatu brand sehingga informasi mengenai produk yang dipromosikan dapat tersampaikan dengan cara yang menarik. #pemudapembelajar. Bagi lulusan jurusan TKJ untuk perempuan yang enggan menjadi teknisi, Anda bisa mencoba profesi ini, penulis yakin, dengan dasar ilmu komputer Anda yang sudah baik, tidak butuh waktu lama untuk menjadi mahir dalam profesi ini.

Jurusan TKJ Kerja Apa
Lulusan jurusan TKJ sebagai desainer grafis

4. Administrasi Server

Apabila Anda belum menemukan profesi yang pas, pada pembahasan selanjutnya mengenai jurusan TKJ kerja apa, mungkin profesi administrasi server akan cocok untuk Anda. Pekerjaan dari profesi ini meliputi melakukan pengawasan, pengelolaan, dan pengamanan sebuah server komputer. Tugas dan tanggung jawab untuk menangani server komputer tidak bisa ditangani oleh sembarang orang, oleh karenanya lulusan TKJ adalah lulusan yang pas untuk ditempatkan di posisi ini.

5. Web Designer

Salah satu jawaban terbaik dari pertanyaan jurusan TKJ bisa kerja apa adalah web designer. Web designer adalah orang yang memiliki keahlian dan keterampilan untuk membuat tampilan website menjadi lebih menarik. Profesi web designer juga merupakan profesi dengan gengsi yang tinggi, biasanya profesi ini memiliki lowongan kerja TKJ gaji besar, memiliki peluang besar menjadi freelance dan banyak dibutuhkan baik di instanasi pemerintah atau swasta.

Tugas dan tanggung jawab seorang web designer sendiri cukup kompleks. Tugas dan tanggung jawab ini antara lain merancang layout secara visual, mengonversi layout visual ke dalam bentuk HTML dan CCS sehingga bisa dijalankan di web browser, serta mempercantik tampilan dan memberi efek tambahan pada website. #infopmdpbj

Jurusan TKJ Kerja Apa
Web desainer, profesi bergengsi dari lulusan jurusan TKJ!

Baca juga: 8 Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Penutup

Apabila Anda adalah lulusan TKJ, maka Anda tidak perlu khawatir jurusan TKJ bisa kerja apa. Seperti yang dipaparkan di atas, terdapat banyak peluang profesi yang sejalan dengan jurusan ini. Profesi di atas hanya contoh dari banyaknya profesi yang bisa dilakukan oleh jurusan TKJ. Apakah jurusan TKJ itu susah? Ini tergantung bagaimana minat dan kegigihan Anda. Lulusan jurusan TKJ untuk perempuan yang minder dengan kerjaan teknis, tidak perlu khawatir, Anda bisa menjadi desainer grafis atau web desainer. Oleh karena itu lah jurusan TKJ ini menjadi salah satu jurusan favorit, dan menjadi lulusan bergengsi di jenjang SMK.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال