7 Cara Agar Tidak Malas Belajar Daring dan Jauh Dari Pantauan Guru

Pemudapembelajar.com - Dirumah aja? Pastilah setiap siswa merasakan bosan juga. Selama pandemi, kegiatan belajar disekolah digulirkan di rumah dengan sistem online. Daring mungkin terkesan simple, karena setiap anak tidak perlu tertekan tuntutan jam sekolah dan pastinya lebih santai. Meski begitu tetap aja menjadikan sebuah alasan malas-malasan. Bagaimana sih, Cara Agar Tidak Malas Belajar?

Belajar memang suatu hal yang identik dengan kemalasan, oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui apa yang membuat kita malas belajar. Apalagi, saat masih duduk dibangku sekolah, tuntutan belajar semakin kuat. Bagi anak yang malas, pasti kegiatan sekolah secara online akan semakin malas.

Cara Agar Tidak Malas Belajar
Cara Agar Tidak Malas Belajar

Sebagian anak yang pandai, justru mulai dirundung kebosanan dan makin enggan belajar. Nah, lantas bagaimana Cara Agar Tidak Malas Belajar, tips tersebut akan disampaikan disini. Jadi, bagi kalian yang merasa malas belajar namun menyadarinya mungkin bisa menyimak informasi kali ini.

Daftar Isi

  1. Ber-DOA-lah Sebelum Belajar
  2. Buatlah Motivasi Belajar
  3. Bikin Jadwal Belajar
  4. Gunakan Gadget dengan Bijak
  5. Jadikan Belajar Sebagai Game
  6. Olahraga Pagi
  7. Luangkan Waktu untuk Hobi

Tips Cara Agar Tidak Malas Belajar

1. Ber-DOA-lah Sebelum Belajar

Tips pertama bagaimana cara menghilangkan rasa malas dalam belajar, adalah memulainya dengan membaca doa. Niatkan belajar dengan benar dan doa betul-betul sebelum belajar. Percayakan segala sesuatu kalau awalnya baik, hasilnya juga akan baik. Yaps, biasakan doa agar tidak malas belajar.

2. Buatlah Motivasi Belajar

Jika Anda tidak punya, maka buatlah motivasi agar tidak malas belajar mulai dari sekarang. Motivasi ini akan digunakan sebagai bahan bakar semangat Anda dalam belajar. Ada banyak cara membuat motivasi cara agar tidak malas belajar di rumah, misal motivasi yang anda buat dari diri Anda seperti ingin mendapatkan prestasi cumlau atau ranking 1. Atau bisa juga motivasi dari eksternal misalnya motivasi belajar matematika agar dapat nilai 9 dan jaminan mendapat PS4 sebagai rewardnya. Simple, tapi efeknya luar biasa.

3. Bikin Jadwal Belajar

Memulai saja sudah malas-malasan, apalagi harus membuat sebuah jadwal? Nah, justru itu mau tidak mau latihlah diri agar sedikit bergerak. Minimal, berfikirlah bahwa "Belajar Tidak Perlu Lama, yang Penting Mengerti".

Dengan begitu, maka cukup 20 menit saja ketika kamu telah memahami beberapa yang dipelajari, sudahi tidak masalah. Otak yang terlalu ditekan terkadang justru kasihan. Cara Agar Tidak Malas Belajar dengan membuat jadwal ini adalah, luangkan waktu setidaknya 30 menit saja khusus untuk belajar dan persiapannya.

4. Gunakan Gadget dengan Bijak

Gadget memang tidak baik jika dipergunakan berlebihan apalagi yang tidak semestinya. Namun, di era sekarang ini kebutuhan akan gadget semakin meningkat. Bukan saja soal negatif, tetapi gadget juga mempunyai peran penting yang jarang diperhatikan. Misalnya adalah sebagai media belajar.

Dengan menggunakan gadget seperti smartphone, belajar jadi menyenangkan. Ini adalah Cara Agar Tidak Malas Belajar, dimana seseorang cenderung menyukai membaca artikel dibandingkan buku. Coba cari artikel tentang materimu, biasanya dengan melihat tampilan dashboard website yang cantik akan menambah semangat.

Baca juga: Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Pribadi Yang Sukses di Masa Depan

5. Jadikan Belajar Sebagai Game

Bermain, bukankah setiap anak/ siswa menyukainya? Metode pembelajaran dengan game sangat menarik antusias di dalam kelas. Nah, Cara Agar Tidak Malas Belajar lainnya yakni menjadikan belajar sebagai game.

Misalnya, ajak ayah, ibu, kakak, atau bahkan adik untuk membantumu memberikan soal tanya jawab sesuai dengan materi yang akan disampaikan oleh guru keesokan harinya. Seru-seruan seperti ini pasti akan membangkitkan semangat belajar.

6. Olahraga Pagi

Cara Agar Tidak Malas Belajar bukan melulu terkait dengan hal-hal pembelajaran itu sendiri, akan tetapi pendamping lainnya ternyata juga sangat berperan. Salah satunya yakni dengan melakukan olahraga pagi. Haruskah pagi? Tentu saja, karena ini adalah tips terbaik menumbuhkan semangat di pagi hari. Tidak perlu lama, sekurang-kurangnya 30 menit saja.

7. Luangkan Waktu untuk Hobi

Seorang anak, jangan di tekan terlalu keras untuk belajar, belajar dan belajar. Justru ini sesuatu langkah yang salah membuat anak cerdas. Biarkan anak berkreasi, selama hal itu masih dalam hal positif maka peran orang tua mendukung.

Baca juga: Kumpulan Tips dan Trik Belajar Efektif

Namun, sesekali memang harus mengingatkan waktu untuk belajar meskipun hanya 20 – 30 menit saja. Lalu, Cara Agar Tidak Malas Belajar lainnya apa? Luangkan waktu untuk hobi, jika diantara kalian menyukai kegiatan menggambar maka lakukan agar otak tidak terlalu kaku.

Penutup

Nah, jadi itulah beberapa Cara Agar Tidak Malas Belajar yang bisa kalian coba. Sebenernya cara ini bisa Anda terapkan juga untuk hal-hal yang lebih luas, seperti halnya cara agar tidak malas nulis, cara agar tidak malas sholat dan lainnya. Semoga Anda makin sukses.

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال