Universitas Jurusan Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Pemudapembelajar.com - Teknik mesin merupakan salah satu jurusan yang menjadi primadona kampus-kampus yang ada di Indonesia. Sebagai jurusan yang diminati oleh banyak calon mahasiswa baru, tentu saja kemudian teknik mesin menjadi tempat perlombaan ketika pembukaan pendaftaran ke sebuah universitas.

Universitas jurusan Teknik Mesin
Universitas jurusan Teknik Mesin

Lalu berapa lama kuliah S1 Teknik Mesin? sebenernya sama seperti kuliah dengan jenjang S1 pada umumnya, lama waktu kuliah sekitar 4-6 tahun, namun jika Anda termasuk mahasiswa cemerlang maka tidak mustahil Anda bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 tahun. Masa depan lulusan teknik mesin juga tidak bisa dianggap remeh, ada yang tahu berapa gaji lulusan Teknik Mesin? Dilansir dari beberapa referensi yang didapat, rata-rata gaji dari seorang karyawan lulusan baru dari universitas jurusan teknik mesin di Indonesia berkisar di angka 3-6 Juta perbulan. Tentusaja, angka rata-rata ini bergantung posisi jabatan, pengalaman, serta perusahannya.

Hal inilah yang kemudian mengharuskan seorang calon mahasiswa memiliki referensi yang cukup untuk mampu bersaing dalam melakukan pendaftaran ke sebuah universitas. Anda juga bisa memilih universitas dengan jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia lho!

Daftar Isi

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Indonesia (UI)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  5. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  6. Universitas Andalas (UNAND)
  7. Universitas Brawijaya (UB)

Daftar Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik

Universitas Teknik Mesin yang bagus dimana? Berikut ini adalah daftar universitas jurusan teknik mesin dengan akreditasi A terbaik di Indonesia:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Universitas jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia berada di ITB. Sebagai universitas terbaik Indonesia yang berfokus dalam bidang teknologi, tentu saja ITB masuk dalam kategori kampus yang memiliki jurusan teknik mesin terbaik meskipun memang biaya perkuliahan ITB cukup mahal.

2. Universitas Indonesia (UI)

Nah, universitas negeri jurusan teknik mesin sebagai bagian dari Fakultas Teknik UI, program studi teknik mesin memang telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Tidak hanya itu, jurusan ini juga telah mendapatkan akreditasi dunia internasional yang diberikan oleh ASEAN University Network (AUN) pada tahun 2008 silam.

Baca juga: Masa Depan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jadi Apa? Berikut Ulasannya

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

universitas jurusan teknik mesin di Jawa Tengah tentu saja berada di UGM. Program studi teknik mesin UGM memang sebagai bagian dari Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM, yang juga telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT.

Selain didukung dengan fasilitas yang memadai, teknik mesin UGM ternyata juga menyelenggarakan program fast track untuk para mahasiswanya. Nah, bidang yang menjadi fokus penelitian para dosen dan mahasiswa UGM diantaranya adalah energi, mekanika terapan, serta material teknik dan manufaktur.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS merupakan universitas terbaik jurusan teknik mesin berikutnya. yang juga telah terakreditasi A oleh BAN PT. Jurusan ini di ITS terbagi menjadi 3 (tiga) bidang studi yaitu, konversi energi, teknik produksi, dan desain. Ketiga bidang studi tersebut mempelajari mengenai fokusnya masing-masing.

Yaitu bidang konversi energi mempelajari cara mengubah energi agar menjadi berguna, lalu bidang teknik produksi mempelajari cara dan manajemen produksi mesin, serta bidang desain yang nantinya akan mempelajari proses mendesain peralatan mesin.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Jawa Tengah yang memiliki jurusan teknik mesin terakreditasi A oleh BAN PT diantaranya adalah UNS. Universitas yang berlokasi di kota Solo ini ternyata juga memiliki program studi pendidikan teknik mesin yang memiliki akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas ternyata juga memiliki visi menjadi program studi S1 teknik mesin yang mampu bersaing di tingkat nasional melalui Tridharma Perguruan Tinggi di bidang manufaktur dan otomasi pada tahun 2025 lho. Kabar baiknya pula Jurusan teknik mesin di UNAND ini pun sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

7. Universitas Brawijaya (UB)

Secara institusi, memang teknik mesin Universitas Brawijaya telah terakreditasi A berdasarkan BAN-PT. Universitas Brawijaya juga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Kota Malang, Jawa Timur. Sampai peserta didik yang baru lulus SMA/SMK se Indonesia sangat tertarik dan mau bersusah payah untuk mendaftarkan diri di Universitas Brawijaya.

Penutup

Itulah Universitas Jurusan Teknik Mesin terbaik di Indonesia! Mana UNiversitas yang membuat Anda tertarik untuk memasukinya?

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال