Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah Banget, Begini Cara Belajar Membaca Cepat dan Efektif pada Anak

Pemudapembelajar.com - Sejak kecil, saat sudah memasuki umur 3 tahun atau 4 tahun kita di ajarkan orang tua untuk belajar. Pada awal kali mengenal dunia sekolah, membaca adalah satu hal yang harus bisa. Namun proses tersebut diawali dengan pengenalan huruf dan latihan mengeja.

Semakin lancar akan semakin bagus, artinya otak kita mudah dan cepat dalam menangkap informasi. Namun tidak tumbuh kembang anak semua sama, ada beberapa yang dirasa kurang menangkap. Dampaknya, mereka akan lebih lama saat mengeja.

Kasus semacam ini seringkali dijumpai pada orang tua, mereka yang merasa sang anak sedikit lambat dalam berfikir terus mencari Cara Belajar Membaca Cepat. Namun sebelum mencari tahu bagaimana cara untuk cepat membaca, sudahkah anda sebagai orangtua memahami masalah anak?

Cara Belajar Membaca Cepat
Cara Belajar Membaca Cepat

Bisa jadi lambatnya berfikir lantaran sang anak sedang dilanda emosional atau masalah dalam diri. Misalnya menginginkan sesuatu yang belum dimiliki, sehingga pikirannya akan fokus disitu dan belajarnya menjadi teledor atau tidak fokus. Akibatnya, membaca pun terlihat sulit.

Tentu anda tidak menginginkan hal ini terus berkembang bukan? Nah, jadi sebelum anda mengetahui apa saja Cara Belajar Membaca Cepat, alangkah baiknya perhatikan sikap anak dan cari tahu penyebabnya (Jika anak mengalami masalah).

Baca juga: Cara Agar Tidak Malas Belajar Daring dan Jauh Dari Pantauan Guru

Daftar Isi

  1. Memahami Keterampilan Inti
  2. Menggunakan Lagu Anak untuk Bangun Fonemik
  3. Libatkan Anak di Lingkungan Media Cetak
  4. Belajar Membaca dengan Cara Bermain Kartu Kata Bersama

Tips Cara Belajar Membaca Cepat

Berikut ini dapat anda simak Cara Belajar Membaca Cepat yang bisa di terapkan pada anak-anak dirumah.

1. Memahami Keterampilan Inti

Perlu diketahui, jika belajar membaca itu melibatkan berbagai keterampilan yang berbeda. Di dalam Cara Belajar Membaca Cepat ini terdapat lima komponen penting yang saling berkaitan dalam proses ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Fonemik, merupakan suatu kemampuan untuk mendengar dan memanipulasi suara berbeda pada setiap kata-kata.
  • Fonetik, yakni kemampuan untuk mengenali hubungan antara huruf dan suara yang dihasilkannya.
  • Kosakata, adalah kemampuan dalam memahami makna kata-kata, definisi mereka, dan konteks.
  • Pemahaman membaca, yaitu kemampuan memahami makna teks, baik dalam buku cerita maupun buku informasi.
  • Kefasihan, adalah suatu kemampuan membaca dengan keras dengan kecepatan, pengertian dan akurasi yang sesuai.

2. Menggunakan Lagu Anak untuk Bangun Fonemik

Metode belajar membaca terbaik sebagai Cara Belajar Membaca Cepat yakni dengan membangun fonemik melalui lagu anak-anak. Caranya yakni dengan bertepuk tangan bersama dan menghafal lirik lagu serempak. Aktivitas bermain dan membangun ikatan dengan orang tua, khususnya ibu adalah cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk secara implisit mengembangkan keterampilan dalam membaca, yang mana akan mengatur mereka untuk dapat membaca.

3. Libatkan Anak di Lingkungan Media Cetak

Gimana caranya anak anak belajar? Solusi lainnya yakni menciptakan waktu di setiap harinya untuk bangun keterampilan membaca pada anak dengan melibatkan lingkungan yang memiliki media cetak dirumah. Misalnya adalah mendorong anak untuk melihat kata-kata yang tercetak pada poster, label, buku dan yang lainnya. Dengan begitu perlahan anak akan bisa cepat membaca.

Latihan ini adalah Cara Belajar Membaca Cepat yang memungkinkan anak untuk melihat dan menerapkan koneksi antara suara dan simbol huruf. Bahkan tips ini bisa anda terapkan sekalipun saat keluarga sedang melakukan perjalanan liburan. Sesering mungkin di perjalanan, tunjukkan pada anak sebuah papan iklan, poster dan beberapa jenis lainnya. Ini akan membuat anak terlatih untuk membaca. So, latihan ini akan mempercepat belajar membaca pada anak.

4. Belajar Membaca dengan Cara Bermain Kartu Kata Bersama

Dunia anak adalah dunia bermain, jadi cara paling efektif mengajarkan anak Cara Belajar Membaca Cepat adalah dengan masuk ke dunianya. Anda perlu menyiapkan 10-20 kartu kata yang masing-masing berisi kalimat yang berisi 3 atau lebih kata, lalu ajak anak untuk memilih kartu yang sudah Anda siapkan dan mintalah anak agar anak membacanya dengan keras. Anda bisa mengembangkan permainan ini dengan cara menambahkan gambar pada setiap kartu.

Baca juga: Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Pribadi Yang Sukses di Masa Depan

Dengan permainan ini, anak dapat meningkatkan kosakatanya, menambah bonding Anda dengan anak, dan tentunya memberikan kesan belajar yang mengasikan.

Penutup

Dalam masalah ini, peran orang tua sangat penting sekali memberikan perhatian penuh dan tlaten supaya si anak tetap bisa belajar. Jadi, jangan bosan-bosan melatih anak untuk latihan, harus sabar juga jika si anak rewel, fokus sama cara mendidik Anda dan penting untuk selalu mengupgrade ilmu Anda dalam masalah parenting.

1 komentar untuk "Mudah Banget, Begini Cara Belajar Membaca Cepat dan Efektif pada Anak"

sandiscover 5 Juli 2022 12.34 Hapus Komentar
wah bisa aku terapkan untuk anak-anak ini. terima kasih atas informasinya