Peluang Kerja Teknik Elektro Bergaji Besar, Tertarik Mencoba?

Pemudapembelajar.com - Teknik Elektro adalah salah satu jurusan yang biasanya berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Jurusan ini banyak mempelajari penggunaan serta pemanfaatan listrik dalam kehidupan serta teknologi yang dikembangkannya. Karena cakupan materi pembelajarannya yang begitu luas, maka tak heran apabila peluang kerja Teknik Elektro ini juga terbilang luas.

Peluang Kerja Teknik Elektro
Peluang Kerja Teknik Elektro

Luasnya peluang kerja jurusan ini juga dilatarbelakangi oleh kebutuhan manusia akan listrik yang tidak bisa dihindarkan. Listrik adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan sehingga mestinya diperlukan banyak ahli untuk menanganinya. Lulusan Teknik Elektro akan sangat tepat untuk menangani perihal kelistrikan.

Baca juga: Inilah Beberapa Mata Kuliah Jurusan Bisnis Yang Perlu Diketahui

Peluang Kerja Teknik Elektro

Untuk mengetahui seberapa banyak peluang kerja teknik elektro, berikut ini adalah beberapa profesi lulusan ini yang banyak diburu orang.

Daftar Isi

  1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
  2. Industri Otomotif
  3. Perminyakan, Gas, dan Pertambangan

1. Peluang kerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Apakah Anda sudah tahu banyak perusahaan milik negara yang membutuhkan kemampuan dari seorang lulusan Teknik Elektro? Bahkan, perusahaan besar seperti PLN, PT. Pertamina, dan PT. Telkom memiliki peluang karir yang menjanjikan untuk lulusan dari jurusan Teknik Elektro.

Peluang kerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Peluang kerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Di perusahaan besar seperti BUMN, Anda nantinya akan menggunakan seluruh ilmu dan pengetahuan yang diajarkan sewaktu kuliah. Hal ini karena nantinya Anda akan banyak berkecimpung di bidang energi dan telekomunikasi.

Seperti sudah menjadi rahasia umum, kerja di BUMN memang memiliki gaji yang cukup besar. Anda akan mendapatkan gaji yang tinggi, yakni mulai dari 7 hingga 12 juta rupiah. Menggiurkan bukan?

Silahkan baca juga: Daftar Beasiswa Kuliah Gratis Dalam Negeri

2. Peluang kerja di Industri Otomotif

Peluang kerja Teknik Elektro yang banyak diburu orang selanjutnya adalah industri otomotif. Industri otomotif adalah salah satu industri yang mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Apabila Anda adalah seorang lulusan Teknik Elektro, maka peluang kerja di industri otomotif bisa menjadi pilihan yang tepat.

Peluang kerja di Industri Otomotif
Peluang kerja di Industri Otomotif

Dengan bergabung di industri otomotif, lulusan dari jurusan Teknik Elektro dapat mengambil bagian di kelistrikan. Seperti yang diketahui, industri otomotif tak bisa lepas dari kelistrikan. Hal ini bisa dilihat dari produk yang dibuat serta semua alat produksi memiliki kaitan dengan listrik.

Untuk besaran gaji yang dapat Anda terima apabila bekerja di industri otomotif juga cukup besar. Anda dapat menerima gaji mulai dari 4,5 juta hingga 11 juta rupiah setiap bulannya. Besaran gaji ini tentu disesuaikan dengan pengalaman dan posisi jabatan Anda.

3. Peluang kerja di Perminyakan, Gas, dan Pertambangan

Selain kedua bidang pekerjaan di atas, peluang kerja Teknik Elektro yang banyak diburu orang adalah bidang perminyakan, gas, dan pertambangan. Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam berupa minyak, gas, dan sumber daya alam lain yang melimpah.

Peluang kerja di Perminyakan, Gas, dan Pertambangan
Peluang kerja di Perminyakan, Gas, dan Pertambangan

Oleh karena itu, dalam memanfaatkan dan mengolahnya diperlukan seorang ahli di bidangnya. Beberapa contoh perusahaan besar yang berkecimpung di bidang ini, antara lain Pertamina, Chevron, Aneka Tambang, dan Freeport.

Baca juga: Ayo Daftar Beasiswa ke Jepang S2, Syaratnya Gampang!

Untuk dapat bekerja di perusahaan besar yang bergerak di bidang perminyakan, gas, dan pertambangan, Anda harus mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan secara maksimal.. Sebagai lulusan dari jurusan ini, Anda berkesempatan untuk berkarir menjadi IT Engineer atau bahkan profesi yang lainnya.

Bidang perminyakan, gas, dan pertambangan telah dikenal sebagai salah satu bidang pekerjaan yang memiliki gaji besar. Sebagai lulusan Teknik Elektro, Anda bisa mendapat gaji mulai dari 7 hingga 15 juta rupiah setiap bulannya.

Penutup

Seperti yang diketahui, peluang kerja Teknik Elektro di Indonesia masih terbuka lebar. Dengan gaji yang menggiurkan serta kesempatan berkarir di banyak perusahaan besar masih terbuka lebar, menjadi keuntungan tersendiri bagi lulusan Teknik Elektro. Setelah mengetahui peluang kerja Teknik Elektro yang banyak diburu orang dan bergaji besar, apakah Anda tertarik mencobanya?

PemudaPembelajar

PemudaPembelajar.com belajar, berkembang, bertumbuh bersama. Love to Learn.

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال